IDENTIFIKASI APLIKASI EDUKASI SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK USIA DINI DI KELURAHAN SRIJAYA PALEMBANG

Iis Aprilliani, Hasmalena Hasmalena

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam aplikasi edukasi selama pembelajaran daring yang digunakan oleh anak usia dini khususnya yang sudah bersekolah. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa saja aplikasi yang digunakan anak usia dini selama melakukan pembelajaran daring dan berapa persentase dari masing-masing aplikasi yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan bahwa anak belajar melalui pembelajaran daring 76,25% selanjutnya anak-anak menggunakan macam-macam aplikasi dengan hasil persentase 52,39%, namun diantara banyaknya aplikasi edukasi yang ada, whatsapp dan youtube adalah aplikasi yang paling sering digunakan selama pembelajaran daring. Sehingga secara keseluruhan, hasil penelitian aplikasi edukasi yang digunakan selama pembelajaran daring pada anak usia dini di Kelurahan Srijaya Palembang yaitu 128,64 atau berada dalam kategori sangat tinggi.

Kata Kunci: Aplikasi Edukasi, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19


Keywords


Kata Kunci: Aplikasi Edukasi, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

References


Anita, S. R. I. 2020. “Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19 Di Kelompok A Ba Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga.” Iain Purwokerto 106.

Bianca, B., Jamaluddin, J., & Batubara, A. (2021). Analisis Framing Berita Mengenai Covid–19 April 2020 Di Kompas. Com Dan Detik. Com (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas Whatsapp Sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775-783.

Dini, J. Efendi, Y. (2018). Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile Menggunakan App Inventor. J. Indtra-Tech, 2(1).

Febriyanto, A., Apsiswanto, U., & Saprudin, U. (2019). Aplikasi Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Anak Balita. International Research On Big-Data And Computer Technology: I-Robot, 3(1).

Fitri, N. L. (2019). Pemanfaatan Grup Whatsapp Sebagai Media Informasi Proses Belajar Anak Di Kb Permata Bunda. Al-Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 151-166.

Hayati, A. S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring Pada Masa Pandemi Di Desa Depokrejo, Kebumen. Tasyri': Jurnal Tarbiyah-Syari'ah Islamiyah, 27(2), 23-32.

Hutami, M. S., Aninditya, S.N. (2020). “Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pada Paud Di Tk Aba Kleco Kotagede.” Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 9(1):126–30.

Novita, D. & Hutasuhut, A.R. (2020). “Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19.” Unimed Medan (June):1–11.

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., Saddam, S., Mahsup, M., & Abdillah, A. (2019). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa Di Lombok Barat. Jahe (Journal Of Human And Education), 1(1), 10-13.

Pebriana, P.H., (2017). “Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(1):1

Rianda. S. A., Gunara, S, & Gunawan, I. (2021). “Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Seni Budaya Oleh Mahasiswa Program Pengenalan Pengalaman Lapangan Satuan Pendidikan ( Pplsp ).” 1(3).

Riadil, I. G., Nuraeni, M., Prakoso, Y. M., & Yosintha, R. (2020). Persepsi Guru Paud Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89-110.

Sri, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Anak Usia Dini Selama Pandemi Virus Covid-19 Di Kelompok A Ba Aisyiyah Timbang Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga (Doctoral Dissertation, Iain Purwokerto).

Shodiq, Ijf, & Zainiyati, Hs (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman , 6 (2), 144-159.

Sholihatun, S., Utanto, Y., & Handayani, S. D. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas) (Vol. 3, No. 1, Pp. 730-735).

Silalahi, E. R., Gunara, S., & Gunawan, I. (2021). Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Seni Budaya Oleh Mahasiswa Program Pengenalan Pengalaman Lapangan Satuan Pendidikan (Pplsp). Swara-Jurnal Antologi Pendidikan Musik, 1(3), 53-64.

Sudatha, Igw, Parmiti, Dp, & Simamora, Ah (2020). Pengelolaan Sumber Belajar Digital Untuk Meningkatkan Pembelajaran Daring. Prosiding Senadimas Undiksha , 1585-89.

Sulistyaningsih, D., & Mawarsari, V. D. (2021). Pengembangan Edu Agatrix Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Xi. In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 4).

Sya’roni, M. (2021). Implementasi Strategi Master Dalam Pembelajaran Pai Secara Daring. Cendekia, 13(01), 55-62.

Syafi’i, I., Sa’diyah. C., Wakhidah, E.W., & Umah, F.M. (2020). “Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3(2):140–60.

Syah, D. Z. R., Utari, D., & Adinugraha, T. S. (2020). Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Penyelenggaraan Kegiatan Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Tpq Masjid Awalulmu’minin Gamping. Jurnal Pengabdian Masyarakat Karya Husada (Jpmkh), 2(2), 28-33.

Ulla, M. B., & Perales, W. F. (2021). Facebook As An Integrated Online Learning Support Application During The Covid19 Pandemic: Thai University Students’ Experiences And Perspectives. Heliyon, 7(11), E08317.

Utaminingsih, S. (2019). “Kebijakan Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini ( Paud ) Berdasarkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Negara Hukum Kesejahteraan ( Studi Kasus Di Kota Tangerang Selatan ).” Proceedings Universitas Pamulang 1(1)(4):59–79.

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh, Daring, Luring, Bdr. Jakarta: Kelompok Gramedia.

Wilson, A. (2020). “Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) Melalui Aplikasi Berbasis Android Saat Pandemi Global.” Sap (Susunan Artikel Pendidikan) 5(1).

Wirasinta, S. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid 19 Di Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2020/2021 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).




DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i1.16870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

P-ISSN:2355-7443

E-ISSN: 2657-0785

Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

 


View My Stats
Flag Counter