ANALISIS FAKTOR–FAKTOR KEJENUHAN BELAJAR MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS 1 SDN 35 TALANG UBI KABUPATEN PALI
Abstract
Kejenuhan belajar masa pandemi covid-19 pada siswa kelas 1 SDN 35 Talang Ubi yang dapat diketahui dari reaksi anak ketika diminta untuk belajar dan pada saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang faktor kejenuhan belajar masa pandemi covid-19 pada siswa kelas 1 SDN 35 Talang Ubi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua subjek yaitu dua siswa kelas 1 di SDN 35 Talang Ubi yang mengalami kejenuhan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terlalu banyak tugas yang diberikan, tidak ada guru saat belajar, tidak ada teman-teman saat belajar, kesulitan dalam mengerjakan tugas, kurangnya istirahat, terdapat gangguan saat belajar, kurangnya penghargaan, tidak ada yang menemani saat belajar, pembelajaran kurang bervariasi, jam belajar tidak tentu, desakan orang tua dan tempat belajar kurang memadai.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afifah, S. (2019). Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 527–532. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i4.4827
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
Akbar, S. N. A., Rusmana, A., & Hakim, M. Z. (2020). Burnout Pada Keluarga Pasien Di Ruang Pediatric Intensive Care Unit (Picu) Rsud Ulin Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Rehabilitasi Sosial (Rehsos), 2(2), 91–105. https://doi.org/10.31595/rehsos.v2i2.308
Ashari, Iip Istirahayu, S. F. (2021). Konseling Kelompok Dalam Menurunkan Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i2.691
Asrowi, A., Susilo, A. T., & Hartanto, A. P. (2020). Academic Burnout Pada Peserta Didik Terdampak Pandemi Covid-19. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 123–130. https://doi.org/10.31316/g.couns.v5i1.1195
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Azzahrah Putri, R., Magdalena, I., Fauziah, A., & Nur Azizah, F. (2021). Pengaruh Gaya Belajar terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 157–163. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i2.26
Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163
Kahfi, A. (2021). Dampak pembelajaran daring di masa pandemi covid 19 terhadap perkembangan kognitif anak. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 14–23. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/219
Kemdikbud, Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19, Jakarta: Kemdikbud, 2020.
Kurniasari, A. dkk. (2020). Pendidikan guru sekolah dasar fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah surakarta 2013. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8. http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD
Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.7
Rohman, M. A. (2018). Kejenuhan Belajar Pada Siswa di Sekolah Dasar Full Day School. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA.
Sari, P., Kholidin, F. I., & Edmawati, M. D. (2019). Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kota Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 1(1), 45–52.
Sudibia, S. P. B. dan G. A. (2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ), Bali , Indonesia Pegawai merupakan aset perusahaan yang sangat berharga yang harus dikelola dengan baik oleh organisasi agar dapat memberikan konstribusi yang optimal . Pegawai saat ini cenderung m. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(2), 634–662.
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 19(6), 687. https://doi.org/10.1038/s41563-020-0678-8
Utami, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Angka. Pedagogika, 9(1), 53–60. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.26
Wahyuli, R., & Ifdil, I. (2020). Perbedaan Kejenuhan Belajar Siswa Full Day School dan Non Full Day School. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(3), 188–194. https://doi.org/10.24036/4.34380
Wangge, M. Y., Santoso, A. P., Kartika, V., & Febriani, U. F. (2021). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Daring Pada Siswa SMAN 4 Semarang Selama Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 2(2), 135–141. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v2i2.109
DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i2.17816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id
P-ISSN:2355-7443
E-ISSN: 2657-0785