• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • ANALISIS PEMBELAJARAN IQRA’ PADA ANAK USIA (2-4) TAHUN DI SHAKIF DAYCARE TALANG JAMBE PALEMBANG | Putri | Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    ANALISIS PEMBELAJARAN IQRA’ PADA ANAK USIA (2-4) TAHUN DI SHAKIF DAYCARE TALANG JAMBE PALEMBANG

    Shella Eka Putri, Hasmalena Lena

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana antusias anak usia (2-4) tahun mengenai pembelajaran iqra’. strategi apa yang digunakan guru dalam mengajarkan pembelajaran iqra’ serta apa saja kendala dalam pembelajaran iqra’. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan bahwa antusias anak dalam pembelajaran Iqra’ tergantung dari bagaimana cara guru memberikan pembelajaran, yakni dengan melakukan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga anak tidak merasa mudah jenuh dengan apa yang sedang dilakukannya. Strategi yang digunakan oleh guru yang ada di Shakif Daycare dengan cara mengingat apa yang biasanya peserta didik ingat, hampir sama dengan strategi Mnemonic, yang mana strategi ini memberi bantuan memori untuk mengingat suatu informasi yang diterima. Kendala yang dihadapi di Shakif Daycare ini ada banyak sekali, terlebih lagi masing-masing anak memiliki karakteristik yang berbeda sesuai dengan tingkat usianya. Pendidik pun memiliki cara dalam mengatasinya, yakni dengan mengambil tindakan bahwa anak bebas memilih apa yang diinginkannya, sehingga peran guru sangatlah penting dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. 


    Keywords


    Pembelajaran Iqra’, Strategi Pembelajaran.

    References


    Abdurrohman, D. (2017). Efektivitas Program Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPA Al-Hikmah Desa Sidosari Natar Lampung Selatan. In UIN Raden Intan Lampung.

    Afrianingsih, A., Putri, A. R., & Munir, M. M. (2019). Karakteristik Huruf Hijaiyah Sebagai Sarana Pembelajaran Baca Tulis Awal Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(2), 111-119.

    Akbar, L. L. Q. (2021). Pengaruh volume musik terhadap konsentrasi belajar anak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

    Ansori, M. Z., Jamil, Z. A., & Magdalena, R. (2021). Penerapan Metode Iqra’dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Iqra’anak Usia Dini Di Tk An Najihah Kecamatan Kota Baru Kota Jambi (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

    Arif, Z. (2019). Penerapan Metode Iqra’ Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’an Di Tk Hiama Kids. Paud Lectura:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 57-66

    Azhar, N. N., Elisa, T., & Mulyawan, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al- Qur ’ an Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Proceedings, 14(November), 79.

    Bening, T. P. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengembangan NAM (Nilai Agama Dan Moral) Anak Usia Dini Pada Film Animasi Nussa (Doctoral Dissertation, IAIN Ponorogo).COVID-19 DI SDN SANCA III (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS).

    Casnan, C., Purnawan, P., Firmansyah, I., & Triwahyuni, H. (2022). Evaluasi Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Systems Thinking. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(1), 31–38. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i1.p31-38

    Daulay, R. A. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga Perspektif Zakiah Daradjat (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

    Desi, A. (2022). Penerapan Metode Tartil Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Anak Usia Dini Di Ra Unwanul Falah Kupang Rejo Kabupaten Pesawaran (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

    Elihami, E., & Ekawati, E. (2020). Persepsi revolusi mental orang tua terhadap pendidikan anak usia dini. Jurnal edukasi nonformal, 1(1), 16-31.

    Fahrurrosi, M. (2022). Efektifitas Penerapan Metode Iqra’’dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Dalam Membaca Al-Qur’an Di Tpa Bustanuddin Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 8(1), 61- 74.Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 1-12.

    Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175-185.

    Fitria, E. L. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Tpq Asy Syafi’iyyah Prambon Nganjuk.

    Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.

    Hasnah, N., & Muliati, I. (2022). Penerapan Metode Iqra’dalam Pembelajaran Membaca Alquran. An-Nuha, 2(1), 109-122.

    Heni, A. (2022). Upaya Guru Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Melalui Metode Iqra Di Tk Teratai Sukarame Bandar Lampung Tahun Ajaran 1443 H/2021 M (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

    Herawati, N. I. (2018). Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Developmentally Appropiate Practice Untuk Menumbuhkembangkan Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Intrapersonal. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

    Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

    Hidayat, A. W. (2018). The Philosophy Of Iqraon Islamic Education. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 15(1), 27-48.

    Idris, M. H. (2021). Karakteristik Anak Usia Dini. Al Qalam, 9(2).

    Ilhami, B. S. (2021). Pengembangan Media Sempoa Hijaiyahuntuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Iqra’ Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Sinar Pagi Darmasari Tahun Ajaran 2020/2021. Reform: Jurnal Pendidikan. Sosial Dan Budaya, 4(02), 46-50.

    Imroatun, I. (2017). Pembelajaran huruf Hijaiyah bagi anak usia dini. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) (Vol. 2, pp. 175-188).

    Isnaningsih, A., & Rochman, A. (2019). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 173-180.

    Jusuf, H., Sobari, A., & Fathoni, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa SMA Di Era Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 15–24. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.212

    Kurniati, K. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Mnemonic Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 9 Palembang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 2(1), 101–117. https://doi.org/10.31851/neraca.v2i1.2233

    Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.

    Kurniawan, M. I. (2019, December). Metode Pengajaran Hadist Untuk Tingkat Dasar (PAUD/TK/TPA/MI/SD). In The Annual Conference On Islamic Education And Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 267-285).

    Kustianingrum, A. (2020, September). Peranan Metode IQRO’pada Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 2, No. 1).

    Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Agama dan Moral AUD Selama Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1884

    Nila Dia Rahma, T., Mahdalena, M., & Amrindono, A. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Kelompok A Pada Anak Usia Dini Di Tk Albadariyah Kecamatan Muara Ulian Kabupaten Batang Hari (Doctoral Dissertation, Uin Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

    Rahmawati, I., Sholehah, S. R., Jaenudin, A. B., & Fajrussalam, H. (2021). Implementasi Metode Iqro’Pada Anak Usia Dini Di Era Covid-19. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 87-98.

    Sopian, A., Juhana, H., & Mustafa, I. (2022). Pemikiran Ali Ahmad Madkur tentang Ilmu Pengetahuan dalam Islam. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 580–586. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.459

    Soviana, N., Zamana, M., & Oktariana, R. (2021). Analisis Pola Asuh Orang Tua Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun Di Desa Rukoh Kec. Siyahkuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 2(2).

    Sulaiman, W. (2022). Menyemai Nilai-Nilai Moralitas Pendidikan Islam Anak Sejak Dini Dalam Membangun Masa Depan Bangsa yang Multikultural. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2048-2055.

    Susanto, A. (2021). Pendidikan anak usia dini: Konsep dan teori. Bumi Aksara.

    Swandhina, M., & Maulana, R. A. (2022). Generasi Alpha: Saatnya Anak Usia Dini Melek Digital Refleksi Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. JESA-Jurnal Edukasi Sebelas April, 6(1), 1-9

    Syukri, M., & Marmawi, R. Penerapan Metode Iqro’dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Cahaya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6).

    Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77-92.

    Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 44. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.44-54

    Winda Ashari, A. W. (2021). Analisis Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an Terintegrasi Budaya Musikal Islami Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Minat Baca Tulis Al-Qur'an Santri Tpa At-Taubah Desa Marampa Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara (Doctoral Dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

    Zainuddin, Z., W., S., Musriaparto, M., & Nur, M. (2022). Solusi Pembentukan Perilaku Nilai Moral Anak Usia Dini Melalui Pendidikan Islam. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4335–4346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2606

    Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (R N D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

    Zulfitria, Z. A. (2022). No Title. Penerapan Metode Iqra Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Qur’a Di TK Hiama Kids.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v9i2.19369

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD
    published by PG-PAUD FKIP, Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia.
    Jalan Srijaya Kampus FKIP KM 5,5, Palembang
    Jalan Palembang-Prabumulih Km 32 Indralaya, Ogan Ilir.
    email : jtk@fkip.unsri.ac.id dan mahyumi@fkip.unsri.ac.id

    P-ISSN:2355-7443

    E-ISSN: 2657-0785

    Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD have been indexed on:

     


    View My Stats
    Flag Counter