PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU- GURU PENJAS DI BELITANG KABUPATEN OKU TIMUR

Waluyo - Waluyo, Herri Yusfi, Destriana Destriana, Destriani Destriani

Abstract


PTK merupakan pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Dalam PTK dikembangkan berbagai model pembelajaran yang dipakai sebagai salah satu variabel untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan metode Pre test Post test design, Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 169 orang. Hasil dari peneltian Sebelum dan Sesudah Pelatihan Jumlah guru penjaskes yang memahami teori tentang penulisan penelitian tindakan kelas (PTK), sebelum  kegiatan ada 83 orang atau sekitar 50% dari total jumlah anggota  yang tergabung di pengabdian yang memahami teori tentang penulisan penelitian tindakan kelas (PTK) dan setelah diberikan latihan meningkat menjadi 146 orang atau sekitar 83,33% yang memahami teori tentang penulisan penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

References


Destriana, D. (2018). Latihan Pasing Atas Double Contact Terhadap Keterampilan Bola Voli. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 7(1).

Hartati, H., Victoriand, A. R., Yusfi, H., & Destriani, D. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Tes Fisik Untuk Pelatih Sekolah Sepakbola Di Bawah Binaan KONI Ogan Ilir. Journal Of Sport Education, 1(2), 43-48.

Marsiyem, M., Aryanti, S., Destriana, D., & Destriani, D. Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Penjasorkes di Sekolah Dasar. Journal Of Sport Education, 1(2), 34-36.

Mulyasa, H.E. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Usra, M., Hartati, H., & Destriani, D. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru Sekolah Menengah Atas. Seminar Nasional Pendidikan 2018.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Yusfi, H. (2020, March). The Implementation of Underpass Learning Techniques Volleyball for Junior High School. In International Conference on Progressive Education (ICOPE 2019) (pp. 95-99). Atlantis Press.




DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v9i1.11514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan



Indexing:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref JournalStories Main logo

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

Creative Commons License

Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0