• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENYELENGGARAAN EVENT OLAHRAGA SEPAK BOLA | Firdaus | Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

    KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PENYELENGGARAAN EVENT OLAHRAGA SEPAK BOLA

    Firdaus Firdaus, Yuliani Yuliani, Rudy Noor Muktamar, Sulastri Sulastri

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen kepuasan konsumen dalam penyelenggaraan event olahraga sepak bola di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City, khususnya dalam hal sarana prasarana. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan metode survey. Sampel pada penelitian ini merupakan 40 orang penonton  yang pernah menyaksikan pertandingan secara langsung event olahraga sepak bola di Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City, yang dipilih menggunakan teknik sampel nonprobality sampling (purposive sampling). Data dikumpulkan dengan teknik angket sebagai data utama dan wawancara sebagai data pendukung, kemudian angket dianalisis dengan metode penelitian deskriptif survey. Hasil penelitian ini secara deskriptif yaitu  kepuasan konsumen terhadap penyelenggaraan event olahraga sepak bola di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City sangat tidak puas pada aspek responsiveness (daya tanggap), tidak puas pada aspek tangibles (kualitas berwujud), emphaty (kemudahan), reliability (keandalan), dan netral pada aspek assurances (jaminan). Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen dalam penyelenggaraan event olahraga sepak bola di Stadion Glora Sriwijaya JSC tidak puas. Saran penelitian ini agar dapat menjadi rekomendasi pada PT JSC agar ditingkatkan secara optimal guna memenuhi kepuasan konsumsen.

    Keywords


    Kepuasan konsumen, Event olahraga, Sepak bola

    Full Text:

    PDF

    References


    Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Bisnis & Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 17(2), 114-126

    Beyrami, M.H., & Najafzadeh, M.R. (2015). The Relationship between Perception of Quality of Services and Spectators Satisfaction in Tractorsazi Tabriz Football Team. International Journal of Economy, Management and Social Sciences, 4(1), 18-20.

    Bodet, G., & Bernache-Assollant, I. (2011). Consumer loyalty in sport spectatorship services: The relationships with consumer satisfaction and team identification. Psychology and Marketing, 28(8),781-802.

    Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Methods in Education. USA: Routledge.

    Diniaty, D., & Agusrinal. (2014). PERANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK ANYAMAN PANDAN. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 11, No. 2, Juni 2014, pp. 175 - 184

    Golder, P. N., Mitra, D., & Moorman, C. (2012). What Is Quality? An Integrative Framework of Processes and States. Journal of Marketing, 76(4), 1–23.

    Hock, C., Ringle, C.M., & Sarstedt, M. (2010). Management of multi-purpose stadiums: importance and performance measurement of service interfaces. Int. J. Services Technology and Management, 14(2), 188-207.

    Ioannou, P., & Bakirtzoglou, P. (2016). The relationship between stadium factors on spectators’ satisfaction in Greek Soccer Super League. JOURNAL OF HUMAN SPORT & EXERCISE, 11(4), 437-443.

    Rizki, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ruko Pada CV. Sinar. FE Univ Tamsis.

    Sarstedt, M., Ringle, C.M., Raithel, S., & Gudergan, S.P. (2014). In Pursuit of Understanding What Drives Fan Satisfaction. Journal of leisure Research, 45(4), 419-447.

    Shonk, D. J., & Chelladurai, P. (2008). Service Quality, Satisfaction, and Intent to Return in Event Sport Tourism. Journal of Sport Management, 22(5), 587–602. doi:10.1123/jsm.22.5.587

    Silveira, M.P., Cardoso, M.V., & Silva, F.Q. (2018). Factors influencing attendance at stadiums and arenas. Marketing Intelligence & Planning, https://doi.org/10.1108/MIP-02-2018-0048

    Sulistiyono. (2011). Upaya Membangun Industri Sepakbola di Indonesia. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(1), 76-82.

    Szymanski, D. M., & Henard, D. H. (2001). Customer Satisfaction: A Meta-Analysis of the Empirical Evidence. Journal of the Academy of Marketing Science, 29(1), 16–35. doi:10.1177/009207030102900102

    Uhrich, S., & Benkenstein, M. (2010). Sport Stadium Atmosphere: Formative and Reflective Indicators for Operationalizing the Construct. Journal of Sport Management, 24(2), 211–237.

    Veal, A. J., Toohey, K & Frawley, S. (2019). Sport participation, international sports events and the ‘trickle-down effect’. Journal of Policy Research in Tourism, Leisure and Events, 11:sup1, s3-s7.

    Woratschek, H., Horbel, C., & Popp, B. (2014). The sport value framework – a new fundamental logic for analyses in sport management. European Sport Management Quarterly, 14(1), 6–24.




    DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v9i2.12305

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2020 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan



    Indexing:

    sinta-logogarudagoogleroadcrossref JournalStories Main logo

    Office:

    Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Universitas Sriwijaya
    Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
    E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

    Creative Commons License

    Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0