MANAJEMEN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PJOK

Yanuarius Ricardus Natal, Nikodemus Bate

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Citra Bakti. Penelitian ini dilakukan di SD dan SMP Citra Bakti. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan model pendekatan naturalistik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif melalui tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini, pada manajemen perencanaan sarana dan prasarana PJOK di SD dan SMP Citra Bakti telah berjalan dengan mekanisme sesuai petunjuk teknis pengelolaan dana dari yayasan maupun dana pemerintah pusat melalui BOS pada RKA sekolah. Pada bidang manajemen pengadaan sarana dan prasarana telah dilaksanakan dengan baik secara bertahap oleh sekolah setiap tahunnya terlihat dari dokumen perencanaan anggaran berupa pembelian sarana-sarana sebesar 15 % dan pengadaan prasarana sebesar 10 % dari rencana kerja anggaran (RKA). Pada bidang manajemen penyimpanan sarana dan prasarana PJOK dalam implementasinya masih belum optimal dilaksanakan oleh lembaga SD dan SMP Citra Bakti, penyimpanan sarana-sarana olahraga masih disimpan di ruangan guru, sedangkan fasilitas lain berupa buku siswa, buku pembelajaran dan alat-alat peraga masih dititipkan di perpustakaan kampus STKIP Citra Bakti. Bidang manajemen pemeliharaan sarana dan prasarana telah dilaksanakan oleh SD dan SMP dengan baik, indikator pelaksanaanya setiap fasilitas berupa sarana, perlengkapan, buku-buku di inventarisasi dan diberi pengkodean untuk setiap jenis barang/alatnya dan pemeliharaan lain pada aset prasarana sekolah telah dianggarkan pembiayaannya secara rutin diambil dari dana yayasan sebesar 5%.

Keywords


Manajemen,Sarana Prasarana,PJOK

Full Text:

PDF

References


Agus S. Subroto. (2014). Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta : FIK UNY.

Akhidatul Khikmah, Mashuri Eko Winarno. (2019). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Se-Kecamatan Klojen Kota Malang Pada Semester Ganjil Tahun 2017. Indonesia Journal of Sports and Physical Education Vol 1 (1) 2019; 12-15.

Arga C. Pratama, Bambang F. T. Kunjoro. (2018). Survei Sarana Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, Sekolah Menengah Pertama Dan Sederajat : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 6 (3); 561-564.

BSNP. (2016). Standar Isi, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI, SMP/MTs. Jakarta : BSNP

Hendrikus Asalnaije. (2018). Manajemen Sarana Prasarana Dikjaskes Dan Pemanfaatannya. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan Volume 2 (2); 94-98.

Matin, Fuad Nurhattati. (2017: 3-4). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jakarta : Raja Granfindo.

Natal, Y.R. (2019). Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga Pendidikan Di SMP Negeri Se-Kecamatan Bajawa : Jurnal IMEDTECH : Instructional Media, Design And Technology spesial issue. Volume 3 Nomor 1, 185-199.

Natal, Y.R. (2018). Manajemen Pembinaan Olahraga Atletik Lari Jarak Jauh 10.000 Meter Pada Pasi Provinsi NTT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Volume 5 Nomor 1, Halaman 15-23.

Peraturan Pemerintah . No 19 Tahun 2005 tentang. Standar Penyelenggaraan Keolahragaan, Jakarta.

Sutopo, H.B. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif, Surakarta : UNS Press.

Vrida Vrediana Indra Saputri. (2014). Survei Sarana Dan Prasarana Olahraga Penunjang Proses Pembelajaran Penjasorkes Dan Pemanfaatannya Di Sekolah Luar Biasa Kabupaten Temanggung Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations. 3 (11);1403-1405.




DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v9i2.12879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan



Indexing:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
Homepage: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/index
WhatsApp Only: +62 896-6891-9112
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

Creative Commons License
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License