KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN LOMPAT HARIMAU

Tarlem Febriyani, Febi Kurniawan, Rustam Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran lompat harimau pada senam lantai kelas VII di SMP Negeri 2 Majalaya. Banyaknya siswa yang kurang percaya diri pada saat mengikuti pembelajaran senam lantai lompat harimau. Untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepercayaan diri siswa maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket terhadap 40 siswa. Hasilnya didapat bahwa tingkat kepercayaan diri siswa termasuk kedalam kategori  “sangat baik” dengan persentase 10%, pada kategori “baik” dengan persentase 30%, pada kategori “cukup baik” dengan persentase 40%, pada kategori “kurang baik” dengan persentase 17,5 %, dan pada kategori “sangat kurang baik” dengan persentase 2,5%. Dari penelitian ini terlihat bahwa kepercayaan diri siswa yang mengikuti pembelajaran senam lantai lompat harimau di SMPN 2 Majalaya Kabupaten Karawang memiliki tingkat kepercayaan diri kategori cukup baik. Maka dari itu peran guru olahraga sangat berpengaruh dalam melakukan peningkatan kepercayaan diri siswa.

Keywords


kebugaran jasmani, ekstrakurikuler, futsal

Full Text:

PDF

References


Agung Sedayu, Mimi Haetami, E. S. (2016). Pengaruh Media Karet Ban Terhadap Keterampilan Tiger Sprong Senam Lantai. 1–8.

Alvian Febi Kurniawan, B. D. (n.d.). Pengaruh Permainan Lompat Tali Terhadap Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Guling Perut. Jurnal Pendidikan Jasmani,851–856.

Effendi, R., Kurniawan, F., Gemael, Q. A., Bagja, F., & Okilanda, A. (2020). Survey Aspek Mental Siswi di Kabupaten Karawang dalam Mengikuti Pertandingan Futsal. JSKK (Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, V(I), 9–27.

Farhan Hamid, D. A. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Harimau dalam Pembelajaran Senam Lantai Melalui Modifikasi Alat Pembelajaran Pada Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Multilateral, 1, 114–123.

Hasani, A. A. (2016). Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Loncat Harimau pada Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 9 Surakarta. Segar, 2,8–9.

Mashuri, H. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 1.

Prastyo, G. M., Kurniawan, F., & Resita, C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahrag, 1(August), 60–65.

Sofiarini, A. M. (2016). Hubungan Antara Pembelajaran Penjas Dengan Perilaku Sosial Siswa (Studi Deskriptif di SMA Negeri 10 Kota Bandung). Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Olahrag1(1),68.

Sukma, M., & Kurniawan, Febi, F. (2019). Survei Self Confidance pada Peserta Ekstrakurikuler Futsal di SMAN Se-Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Jurnal Speed, 2(November), 31–38.




DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v9i2.13001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan



Indexing:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
Homepage: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/index
WhatsApp Only: +62 896-6891-9112
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

Creative Commons License
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License