Pengembangan aplikasi pembelajaran pencak silat berbasis multimedia

Eka Narima Ricky, Maftukin Hudah, Fajar Ari Widiyatmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hasil kelayakan aplikasi pencak silat dari para validator ahli 2) mengetahui efektifitas aplikasi pencak silat terhadap hasil belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (Rnd) dengan menggunakan model ADDIEyaitu, analysis(menganalisis permasalahan belum menggunakan media pembelajaran secara optimal pada mata pelajaran PJOK materi pencak silat), design(pembuatan desain media aplikasi pencak silat berbasis pc dan android ), development (dua tahapan yaitu pertama penggunaan VB 6.0 dan SAC 3, kedua pembuatan instrumen validator ahli untuk lembar kelayakan produk aplikasi pc dan android), implemantation(pelaksanaan pengujian yang akan dikembangkan sebuah produk aplikasi pc dan android apakah layak atau tidak), dan evaluation(mengevaluasi hasil produk aplikasi pc dan android yang sudah dikembangkan dan dapat dinilai kualitasnya). Untuk hasil kelayakan dari validator ahli memperoleh skor 34 maka disimpulkan “layak” sebagai media pembelajaran PJOK materi pencak silat. Kemudian hasil penelitian kepada 30 siswa perwakilan tiga kelas pengujian yang terakhir dari seluruh kelas mendapatkan rata-rata nilai sebelum (pre-test) 7.6 dan sesudah (pos-test) 8.73 maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan.


Keywords


Aplikasi Pencak Silat, Pembelajaran Online, Media, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai wujud inovasi sumber belajar di sekolah dasar. ELSE: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2a), 28–37. https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1041

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1–6. https://doi.org/10.1155/2016/9502572

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). California: SAGE Publishing.

Esi, Purwaningsih, E., & Okianan. (2016). Peran guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1–14. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132

Hartanti, M. D., Nurhasan, N., & Tuasikal, A. R. S. (2020). Pengaruh pembelajaran sirkuit berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar dribble dan shooting bola basket. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 119. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8614

Hess, A. K. N., & Greer, K. (2016). Designing for engagement: Using the ADDIE model to integrate high-impact practices into an online information literacy course. Communications in Information Literacy, 10(2), 264–282. https://doi.org/10.15760/comminfolit.2016.10.2.27

Jannah, I. M., & Murtiyasa, B. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Matriks Untuk Kelas X Di SMK Muhammadiyah 1 Sragen Berbasis Mobile Learning. Surakarta.

Kudiasanti, R. T. A. (2017). Pengembangan Aplikasi Edukatif Berbasis Android dan Dekstop “Edcounting-App” sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 (Universitas Negeri yigyakarta). Universitas Negeri yigyakarta, Yogyakarta. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/47615/

Nugraha, A. (2019). Pengaruh e-wom ( electronic-word-of-mouth ) terhadap keputusan pembelian. (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Putranto, D., & Maulana, E. P. W. (2018). Pengaruh media cardboard animated terhadap kemampuan teknik dasar tendangan T pada materi bela diri pencak silat siswa kelas X SMAN 1 Puding Besar. SPARTA, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.35438/sparta.v1i1.59

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Saputra, W., & Purnama, B. E. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Journal Speed: Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(2), 67. https://doi.org/10.3112/SPEED.V4I2.865

Setiari, N. N., & Hajjah, A. (2019). Aplikasi menentukan bakat anak berdasarkan kepribadian menggunakan metode forward chaining. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(1), 52–57. Retrieved from http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/JMApTeKsi/index.php/JOM/article/view/392

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif ,dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutiasih, A. D., & Saputri, R. P. (2019). Pengembangan mobile learning berbasis android sebagai media pembelajaran organisasi arsitektur komputer. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 137–147. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27772




DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v10i1.13990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref JournalStories Main logo

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

Creative Commons License

Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0