Peran guru pendidikan jasmani dalam pelaksanaan sekolah siaga bencana pada kawasan pesisir pantai

Novi Clarita, Septian Raibowo, Andika Prabowo, Yahya Eko Nopiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pendidikan jasmani dalam pelaksanaan sekolah siaga bencana di sekolah dasar kawasan pesisir pantai Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri di kawasan pesisir pantai kota Bengkulu. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sepuluh guru pendidikan jasmani. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil perhitungan data menggambarkan bahwa guru pendidikan jasmani telah cukup berperan dalam pelaksanaan sekolah siaga bencana ditinjau dari aspek fasilitator dan demonstrator, sedangkan peran guru pendidikan jasmani ditinjau dari aspek pengelola kelas dan dan motivator berada pada kategori tinggi, kemudian dari aspek evaluator berada pada kategori rendah. Jadi simpulan penelitian ini adalah peran guru pendidikan jasmani dalam pelaksanaan sekolah siaga bencana di Kawasan pesisir pantai dalam kategori sedang.


Keywords


Bencana Alam; Guru Pendidikan Jasmani; Sekolah Siaga Bencana

Full Text:

PDF

References


Absawati, H. (2020). Telaah Sistem Pendidikan Finlandia: Penerapan Sistem Pendidikan Terbaik Dunia Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 64–70. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i2.2136

Adianto, S., Ikhsan, M., & Oye, S. (2020). Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 133–142. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p133

Arisona, R. D. (2020). Sosialisasi Dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa SDN 2 Wates Ponorogo. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i1.1939

Dewanggajati, A. W., & Djamaluddin, S. (2021). Pengaruh Lembaga Pendidikan dan Penanggulangan Bencana Daerah terhadap Partisipasi Pelatihan Bencana Rumah Tangga. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan (JMSP), 5(1), 303–314. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/ JMSP

Edriani, A. F., Mase, L. Z., & Besperi. (2020). Sosialisasi Tanggap Darurat Dan Keselamatan Bagi Masyarakat Daerah Rawan Gempa. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM), 1(2), 64–71. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i2.304

Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132/14624

Febriawati, H., Anggraini, W., Wijaya, A. K., Sartika, A., Oktarianita, & Sarkawi. (2020). Pendidikan Kesehatan Dan Pelatihan Tanggap Bencana Gempa Pada Guru dan Siswa di SMKS 9 Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 6(1), 79–87. https://doi.org/10.32528/jpmi.v6i1.3736

Fernalia, Pawliyah, Elesse, V., Triana, N., Direja, A. H., Juksen, L., Listiana, D., & Rahmawati, I. (2020). Penyuluhan dan Simulasi Management Disaster di Madrasah Aliyah Negeri Model 01 Kota Bengkulu. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 3(1), 170–177. https://doi.org/10.33024/jkpm.v3i1.2623

Hasana, N. I., Sugihartono, T., & Raibowo, S. (2021). Pengembangan Model Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis ICT Dalam Pembelajaran PJOK Pada Guru SD Negeri Se-Kecamatan Seluma. Sport Gymnastics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 60–69. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14911

Hayudityas, B. (2020). Pentingya Penerepan Pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 94–102. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/407

Ilahi, N. W., & Imaniyati, N. (2016). Peran Guru Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 99. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3343

Kusumawati, M. (2015). Penelitian Pendidikan Penjasorkes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan). Alfabeta.

Making, F. R. hero. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Upaya Preventif Bencana Alam Gunung Berapi Pada Siswa Jenjang Sekolah Menengah Pertama di Daerah Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta, 83.

Manizar, E. (2017). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 204–222. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1047%0A

Margono. (2012). Peranan Pendidikan Jasmani Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 2(1), 59–63. https://doi.org/10.15294/miki.v2i1.2557

Mujiburrahman, M., Nuraeni, N., & Hariawan, R. (2020). Pentingnya Pendidikan Kebencanaan Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(2), 317–321. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1082

Mutch, C. (2014). The role of schools in disaster preparedness, response and recovery: what can we learn from the literature? International Journal of Personal, Social and Emotional Development, 32(1), 5–22. https://doi.org/10.1080/02643944.2014.880123

Nafiah, S., Ibrahim, D., & Zainuri, A. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Menerapkan Penilaian Autentik di Sekolah Dasar. Al-

Wijdan: Journal of Islamic Education Studies, 53(9), 1689–1699. http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/alwijdan/article/view/402

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Novriansyah, & Ibrahim. (2021). Meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran flipped clasroom. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(1), 8–18. https://doi.org/10.36706/altius.v10i1.13575

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., & Prabowo, A. (2021). Peran Guru Penjas dalam Kesiapsiagaan Bencana Alam Gempa Bumi di Sekolah Dasar Kecamatan Taba Atas. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 295–303. https://doi.org/10.5281/zenodo.4896277

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), 29(1), 49–55. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8203

Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Jurnal Islamika?: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79–88. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.327

Raharjo, T. Y., Rohana, H. D., & Nurussaadah. (2018). Pengaruh Full Day School terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(1), 22–32. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i1.16683

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020a). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product (CIPP). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165. https://doi.org/10.5281/zenodo.3881891

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020b). Proses Belajar Mengajar Pjok Di Masa Pandemi Covid-19. STAND?: Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 112–119. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2774

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK Tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(1), 11. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15

Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., & Prabowo, A. (2021). Workshop Pembuatan Bahan Ajar Kesiapsiagaan Bencana Alam dalam Bentuk Multimedia Interaktif Bagi Guru Pendidikan Jasmani. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 218–230. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i2.2180

Ramadhani, R. M., Gustaman, F. A., Kodar, M. S., & Widanaha, I. K. (2020). Implementasi Program Sekolah Aman Bencana di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Balikpapan Kalimantan Timur. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 7(2), 162–176. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v7i2.34936

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.77

Saputra, B. S., Syafrial, S., & Raibowo, S. (2021). Persepsi Kepala Sekolah dan Guru Terhadap Kompetensi Guru PJOK Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Arga Makmur. Sport Gymnastics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1), 70–78. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v2i1.14774

Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers.

Suryani, L., Somantri, M., & Kartiwi, A. P. (2020). The Principal’s Leadership and its Effect on the Teacher’s Teaching Performance. Journal of Educational Management and Leadership, 1(2), 68–71. https://doi.org/10.33369/jeml.1.2.68-71

Triyono, T. (2017). Panduan Monitoring dan Evaluasi Sekolah Siaga Bencana (Issue January 2011).

Tyas, R. A., Pujianto, & Suyanta. (2020). Evaluasi Manajemen Program Sekolah Siaga Bencana (SSB). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 10–23. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.28850

UU Republik Indonesia No 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana, (2007).

Ward, G. (2014). Learning movement culture: Mapping the landscape between physical education and school sport. Sport, Education, and Society, 19(5), 569–604. https://doi.org/10.1080/13573322.2012.690342

Wibawa, A. P. (2019). Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pelaksanaan Sekolah Siaga Bencana si-Kabupaten Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta, 87(1,2), 21.

Widjanarko, M., & Minnafiah, U. (2018). Pengaruh Pendidikan Bencana Pada Perilaku Kesiapsiagaan Siswa. Jurnal Ecopsy, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i1.4878

Yuliana, L., & Sastiarini, K. (2020). Peran Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Program Sekolah Siaga Bencana ( SSB ) di Sekolah Dasar Unggulan “ Aisyiyah Bantul". Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 2(2), 131–147. https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/view/34321




DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.14718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexing:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref JournalStories Main logo

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

Creative Commons License

Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0