Tanggapan mahasiswa pendidikan jasmani terhadap pembelajaran online

Yahya Eko Nopiyanto, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan mahasiswa penjas terhadap pembelajaran daring pada semester genap 2020/2021. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling, denganjumlah sampel 101 mahasiswa penjas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif persentase. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa: 55,6% mahasiswa yang menyatakan bahwa pembelajaran daring mampu mengarahkan untuk belajar mandiri; 29,3% mahasiswa menggunakan laptop milik sendiri sebagai perangkat pembelajaran; 58,6% mahasiswa menggunakan koneksi internet dari bantuan pemerintah; 92,9% mahasiswa mengalami hambatan jaringan internet; 61,4% mahasiswa memiliki jarak tempuh kurang dari 1 jam untuk mendapatkan akses internet; 69,7% mahasiswa menggunakan Whatsapp group sebagai media pembelajaran; 75,2% mahasiswa menggunakan Whatsapp group sebagai media pengumpulan tugas; 45,5% mahasiswa memilih tugas secara berkelompok selama pembelajaran daring; 61,4% mahasiswa menggunakan sumber belajar dari dosen; 56,4% mahasiswa memilih bentuk tugas latihan soal. Mahasiswa penjas memberikan tanggapan yang positif terhadap pembelajaran daring dengan persentase sebesar 55,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 efektif diterapkan kepada mahasiswa penjas. 


Keywords


Tanggapan; Mahasiswa; Penjas; Online

Full Text:

PDF

References


Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775-783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367-375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES),2(2), 81-89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 828-834. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13639

Hakim, M. N. (2021). Studi tingkat literasi membaca mahasiswa selama pembelajaran daring. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 77-87. https://doi.org/10.31943/bi.v6i1.112

Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Provinsi Lampung. Idaarah, 4(2), 200-209. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16945

Kusdianto, H., & Sari, R. L. I. (2019). Bahan Ajar Ergosistema Berbasis E-learning Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-Ibu. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 17(2). http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5701

Marhayani, D. A. (2021). Persepsi Mahasiswa STKIP Singkawang terhadap Penggunaan E-Learning Berbasis Zoom Meeting. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1637-1646. https://doi.org/10.47492/jip.v1i8.305

Ningsih, S. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124-132. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p124

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067.

Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2020). Pengembangan buku ajar pengajaran remedial dalam pendidikan jasmani untuk mahasiswa S1 pendidikan Jasmani dan kesehatan universitas negeri malang. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(1), 1-12. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.7629.g6238.

Nopiyanto, Y. E. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139-148. https://doi.org/10.24036/sporta.v5i2.140

Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., Raibowo, S., & Yarmani, Y. (2021). Blended Learning with Jigsaw in Increasing Interest, Motivation, and Learning Outcomes in Sports Sociology Learning. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 26-34. https://doi.org/10.33369/jk.v5i1.13905

Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Novriansyah, N., & Ibrahim, I. (2021). Meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran flipped clasroom. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 10(1), 8-18. https://doi.org/10.36706/altius.v10i1.13575

Nopiyanto, Y. E., & Ibrahim, I. (2021). Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Filsafat Olahraga Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Education And Development, 9(3), 177-181. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2773

Puryati, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menyelesaikan Soal Latihan Matematika Melalui Pembatasan Waktu pada Setiap Pertemuan. PRISMA, 6(2), 192-201. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.124

Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context , Input , Process & Product ( CIPP ). Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 146–165.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sari, D. E. (2019). Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 9-15. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8150

Sari, D. K., Bahri, S., Simbolon, M., Nikat, R. F., & Dinata, P. A. C. (2020). Pembelajaran Daring Berbantuan Whatsapp Pada Matakuliah Metodologi Penelitian Pendidikan Fisika. Musamus Journal of Science Education, 3(1), 024-031. https://doi.org/10.35724/mjose.v3i1.3072

Setiono, P., Dadi, S., Yuliantini, N., & Anggraini, D. (2021). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Jurnal Education And Development, 9(2), 19-23. https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2427

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64-71. https://doi.org/10.32529/glasser.v4i1.373

Suryana, R. (2021). Pembelajaran Daring Di Stkip Paris Barantai Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 34-40. https://doi.org/10.33659/cip.v9i1.187

Tahir, M., & Darwis, M. (2021). Belajar Mandiri dan Pembelajaran Berbasis Daring di Perguruan Tinggi. Journal Of Educational Technology, Curriculum, Learning and Communication, 1(1), 28-34. https://doi.org/10.26858/jetclc.v1i1.18125

Victorian, A. R., Aryanti, S., Yusfi, H., Solahuddin, S., & Bayu, W. I. (2021). Perspektif calon guru pendidikan jasmani terhadap pembelajaran online selama pandemi Covid-19. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 6(1), 94-106. https://doi.org/10.26740/jossae.v6n1.p94-106

Widiyono, A. (2020). Efektifitas perkuliahan daring (online) pada mahasiswa pgsd di saat pandemi covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177.https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386.




DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref JournalStories Main logo

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

Creative Commons License

Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0