Efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap sikap kritis pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan

Tita Rizki Maulidia, Mochamad Ridwan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media pembelajaran interaktif terhadap berpikir kritis mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Exsperimental dengan tipe One Group Pretest-Posttes. Sampel dari penelitian ini yaitu 33 siswa kelas X BDP 1 SMKN 2 Buduran. Data yang diperoleh diuji dengan uji analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas,  dan Paired Sample T-test. Hasil uji normalitas memiliki nilai Sig. (2-tailed) lebih dari > 0,5 yaitu 0,907, yang dapat diartikan bahwa data yang diperoleh berdistribusi normal. Hasil T-test memiliki nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari < 0,5 yaitu 0,00, maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media pembelajaran interaktif yang berupa power point yang di dalamnya terdapat video slow motion terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran interaktif pada materi passing dalam permainan bola voli terdapat peningkatan pada keterampilan berpikir kritis peserta didik.


Keywords


Media Pembelajaran; Interaktif; Berpikir Kritis; Pendidikan Jasmani

Full Text:

PDF

References


Dekker, T. J. (2020). Teaching critical thinking through engagement with multiplicity. Thinking Skills and Creativity, 37(July), 100701. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100701.

Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 17(2 SE-Research), 90–97. https://doi.org/https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247.

Dupri, D., Nazirun, N., & SM, N. R. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pendidikan Jasmani. Journal Sport Area, 4(2), 318. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3760.

Florea, N. M., & Hurjui, E. (2015). Critical Thinking in Elementary School Children. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 180(November 2014), 565–572. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.161.

Hambali, S. (2016). Pembelajaran Passing Bawah Menggunakan Metode Bermain Pada Permainan Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(1), 58–70.

Hapsari, A. E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p1-9.

Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–8. www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/download/191/170.

Husein Batubara, H. (2015). Penelitian Penelitian Pengembangan Media PembelajaranInteraktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat Pengembangan Media PembelajaranInteraktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat INFORMASI. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v1i1.271.

Isra, Z., & Asnaldi, A. (2020). Analisis Koordinasi Teknik Jump Smash Pemain Bulutangkis PB. Formula Padang Panjang. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 12(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v12i1.24013.

Juliantine, T., & Arifin, F. (2018). Performance, The Effect of Learning Model and Intelligence Quotient on Critical Thinking and Handball Games. Pendidikan Jasmani Olahraga, 3(1), 122–128. https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i1.16100.

Nobre, J. N. P., Vinolas, B., Santos, J. N., Santos, L. R., Pereira, L., Guedes, C., Ribeiro, R. F., Luzia, R., & Morais, D. S. (2020). Quality of interactive media use in early childhood and child development : a multicriteria analysis. Jornal de Pediatria, 96(3), 310–317. https://doi.org/10.1016/j.jped.2018.11.015.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam Penelitian Lapangan. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 1110. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2427.

Prameswari, S. W., Suharno, S., & Sarwanto, S. (2018). Inculcate Critical Thinking Skills in Primary Schools. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1), 742–750. https://doi.org/10.20961/shes.v1i1.23648.

Purnomo, B. H. (2011). Pendahuluan Kedudukan Observasi dalam Tahapan PTK Metode Observasi. Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), 8(1), 251–256. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JP2/article/view/859/673.

Ridwan, M., Sudibyo, & Kartiko, D. C. (2020). Aktivitas permainan, cuaca, dan motivasi siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Journal of Sport Education (JOPE), 2(2), 40–46. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jope.2.2.

Sa’adah, M., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Pemanfaatan multimedia interaktif pada materi hidrokarbon untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 184–194. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.29680.

Setiono, M. A., & Riwinoto. (2015). Analisa Pengaruh Visual Efek terhadap Minat Responden Film Pendek Eyes For Eyes pada bagian Pengenalan Cerita (Part 1) dengan Metode Skala Likert. Jurnal Komputer Terapan, 1(2), 29–36. jurnal.pcr.ac.id/index.php/jkt/article/view/55.

Setyanto, A. E. (2013). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.24002/jik.v3i1.239.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.

Surachman, M., Muntari, M., & Savalas, L. R. T. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Pada Materi Pokok Sistem Koloid. Jurnal Pijar Mipa, 9(2), 62–67. https://doi.org/10.29303/jpm.v9i2.46.

Timbowo, D. (2016). Manfaat Penggunaan Smartphone Sebagai Media Komunikasi (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi). E-Journal “Acta Diurna,” V(2), 1–13.

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1), 1–9. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3477.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.

Zhan, X., Clark, C. C. T., Bao, R., Duncan, M., Hong, J. T., & Chen, S. T. (2021). Association between physical education classes and physical activity among 187,386 adolescents aged 13–17 years from 50 low- and middle-income countries. Jornal de Pediatria, 97(5), 571–578. https://doi.org/10.1016/j.jped.2020.11.009




DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v10i2.15686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref

Office:

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
Homepage: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/index
WhatsApp Only: +62 896-6891-9112
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id

Creative Commons License
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0