Faktor-faktor yang memengaruhi aktivitas jasmani siswa di masa pandemi: cross-sectional study
Abstract
Crossectional study ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aktivitas jasmani siswa dan faktor-faktor yang memengaruhinya selama masa pandemi Covid-19. Seluruh siswa SMP Negeri 2 Taman menjadi populasi (1.188 siswa) penelitian dan diambil sampel sebanyak 347 siswa menggunakan teknik quota cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tingkat aktivitas jasmani harian siswa yang dilengkapi dengan pertanyaan seputar sosiodemografi orang tua dan fasilitas olahraga yang ada di lingkungan siswa. Analisis data menggunakan deskriptif statistik, t-test, dan Anova dengan aplikasi SPSS 23. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas jasmani siswa sebesar 21,0, siswa yang memiliki tingkat aktivitas jasmani dengan kategori kurang sekali sebanyak 14,1%, kurang 59,1%, cukup 22,8%, tinggi 13%, dan sangat tinggi 0,28%. Faktor-faktor yang memengaruhi tingkat aktivitas jasmani siswa adalah gender (t=3,546, p= 0,000<0,05), kebiasaan orang tua beraktivitas fisik (F=4,575, p=0,011<0,05), frekuensi aktivitas fisik orang tua per minggu (F=6,768, p=0,000<0,05), terlibat dalam cabang olahraga (t=-6,057, p=0,000<0,05), aktivitas fisik siswa saat pandemi (t= -0,690, p=0,000<0,05), frekuensi aktivitas fisik siswa per minggu (F=25,406, p=0,000<0,05), durasi aktivitas fisik siswa per minggu (F=15,415, p=0,000<0,05), fasilitas olahraga (t=-2,568, p=0,011<0,05), standar fasilitas olahraga (t=-2.505, p=0.013). Maka dapat di simpulkan faktor-faktor yang terbukti berpengaruh terhadap tingkat aktivitas jasmani perlu menjadi perhatian dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Basuki, B., Rahman, T., Prakoso, B. B., & Bayu, W. I. (2021). Pemenuhan kebutuhan aktivitas fisik peserta didik selama pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 17(1), 48–56. https://doi.org/10.21831/JPJI.V17I1.42666
Bayu, W. I., & Andrianto, J. R. (2014). Profil Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Pada Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Jombang Tahun 2016. Bravo’s : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 5(1), 17–22. https://doi.org/10.32682/bravos.v5i1.442
Eyler, A. A., Schmidt, L., Beck, A., Gilbert, A., Kepper, M., & Mazzucca, S. (2021). Children’s physical activity and screen time during covid-19 pandemic: A qualitative exploration of parent perceptions. Health Behavior and Policy Review, 8(3), 236–246. https://doi.org/10.14485/HBPR.8.3.5
Hallal, P. C., Andersen, L. B., Bull, F. C., Guthold, R., Haskell, W., Ekelund, U., Alkandari, J. R., Bauman, A. E., Blair, S. N., Brownson, R. C., Craig, C. L., Goenka, S., Heath, G. W., Inoue, S., Kahlmeier, S., Katzmarzyk, P. T., Kohl, H. W., Lambert, E. V., Lee, I. M., … Regina. (2012). Global physical activity levels: Surveillance progress, pitfalls, and prospects. The Lancet, 380(9838), 247–257. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(12)60646-1
Indahwati, N., Djawa, B., Wijaya, A., & Juniarisca, D. L. (2021). Pola aktivitas fisik atlet pelajar pada masa pandemi Covid-19. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(3), 200–214. https://doi.org/10.20527/MULTILATERAL.V20I3.10417
Kusnaedi, R. (2018). Tingkat aktivitas jasmani terhadap kecerdasan emosional pada remaja di SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Skripsi UNISMU; Universitas Muhammadiyah Semarang. http://repository.unimus.ac.id/2057/
Levin, K. A. (2006). Study design III: Cross-sectional studies. Evidence-Based Dentistry, 7(1), 24–25. https://doi.org/10.1038/sj.ebd.6400375
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga (Vol. 53, Issue 9). Unesa University Press.
Pane, B. S. (2015). Peranan Olahraga dalam Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1–4. https://doi.org/10.24114/JPKM.V21I79.4646
Pawlowski, C. S., Tjørnhøj-Thomsen, T., Schipperijn, J., & Troelsen, J. (2014). Barriers for recess physical activity: a gender specific qualitative focus group exploration. BMC Public Health, 14(1), 639. https://doi.org/10.1186/1471-2458-14-639
Pelletier, C. A., Cornish, K., & Sanders, C. (2021). Children’s Independent Mobility and Physical Activity during the COVID-19 Pandemic: A Qualitative Study with Families. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(9), 4481. https://doi.org/10.3390/ijerph18094481
Rahmawati, W. (2021). Aktivitas Fisik Siswa Sekolah Di Saat Pandemi Covid-19 Dan Tingkat Kebugaran Jasmani : Studi Kasus Di Desa Maja Selatan [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/60743/
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Wahyuni, D. (2017). Tingkat Aktivitas Jasmani Harian Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kelurahan Triharjo Pandak Bantul [Universitas Negeri yogyakarta]. https://core.ac.uk/download/pdf/83146791.pdf
World Health Organization. (2020). Global Physical Activity Surveillance (p. 17.04.2020). availabel: https://www.who.int/ncds/surveillance/steps/GPAQ/en/ [accessed: 17.04.2020]
Yuliana. (2020). Olahraga yang Aman di Masa Pandemi COVID-19 untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(2), 103–110. https://doi.org/10.51172/jbmb.v1i2.112
Zenitha, N. M., & Hartoto, S. (2020). Hubungan Aktivitas Fisik di Luar Jam Pelajaran PJOK Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 519–522. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/31849
DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v11i1.17594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing:
Office:Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0