Peningkatan hasil belajar renang gaya dada dengan bantuan papan pelampung untuk peserta didik sekolah tingkat dasar
Abstract
Penelitian yang telah dilakukan ini yaitu untuk meningkatkan hasil pembelajaran renang gaya dada dengan menggunakan papan pelampung pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Wonokerto 4 kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakkan Kelasi (PTK) dengan siswa berjumlah 20 terdiri dari 12i siswa putra dan 8 siswa putri. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dari setiap siklus mulai dari siklus Ii sampai siklus II mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan. Siklus I terdapat 13 (65%) siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 7 (35%) siswa. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik pada siklus II, terdapat sebanyak 18 (90%) siswa yang tuntasi melaksanakan pembelajaran sedangkan siswa yang tidak tuntas hanya 2 (10%) siswa. Hasil ini terbukti bahwa papan pelampung sangat efektif untuk membantu siswa dalam meningkatkan hasil pembelajaran renang gaya dada. Hasil tersebut dibuktikan dari setiap tindakan mulai dari siklus I sampai dengan siklus II.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anam, M. S., Sugiarto, T., & Wahyudi, U. (2017). Pengembangan Variasi Latihan Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Dan Gaya Dada Melalui Video Compact Disk Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Renang Di Smp Negeri 8 Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1), 74. https://doi.org/10.17977/um040v1i1p74-86
Andri Aritianto, S. H. (2015). Pengaruh Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Dada Terhadap Keterampilan Renang Gaya Dada. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 355–360.
Apriliyanto, R. B., & Hartoto, S. (2017). Pengaruh Penerapan Alat Bantu Pull Buoy Dan Papan Luncur Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas ( Crawl Stroke ) ( Studi pada Siswa Kelas VII SMP Pahlawan Mojosari , Kab . Mojokerto ) Rico Bagus Apriliyanto S1 Pendidikan Jasmani , Kesehatan , dan Rekrea. 05, 192–197.
Arhesa, S., & Sofyan, D. (2020). Identifikasi Faktor-Faktor Penghambat. 2(2), 57–62.
Arifin, B. (n.d.). Pengembangan gerak dasar renang untuk anak sekolah dasar. 1–8.
Erliza, Y. (2018). Peningkatan Pembelajaran Gerak Dasar Renang Dengan Pendekatan Bermain Siswa Kelas Iv Sdn 125 Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 7(2), 107–112.
Firdausi, D. K. A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(1), 63. https://doi.org/10.33222/juara.v3i1.216
Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320–328. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p320
Herpandika, R. P., & Kurniawan, W. P. (2020). Pembelajaran Renang Gaya Dada dengan Pendekatan Metode Inklusi. Indonesia Performance Journal, 4(1), 1–9.
Ishak, M. (2017). Gaya Mengajar Otoriter Dan Demokratis Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 94. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6405
Maiti, & Bidinger. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Media Video Untukmeningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Punggung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344
Nurmadiah, N. (2016). Media Pendidikan. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 131–144. https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109
Permana, R. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Swimming board dalam Pengembangan Afektif. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 29–37. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i1.36
Pradana, V. O., & Noval, A. (2018). Hubungan Motor Educability dan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Putra Kelas X SMA Budi Mulia Jakarta. Journal Sport Area, 3(1), 79. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1316
Saputra, I. (2015). Modifikasi Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Jurnal, 17(2), 28–35. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jik.v14i2.6112
Sartono, S., & Adityatama, F. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Renang Terhadap Kondisi Fisik Pada Anak Usia 8 Tahun. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(2), 112. https://doi.org/10.33222/juara.v3i2.262
Sukmawati, D., & Hartoto, S. (2015). Penerapan Pemebelajaran Renang Gaya Bebas Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 03(2), 366–370. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Taqwim, R. I., Winarno, M. E., & Roesdiyanto, R. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 395. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13303
Widodo, B. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya DADA Melalui Penerapan Gaya Mengajar Resiprocal Pada Siswa Putri Kelas X Tekstil SMK N 9 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. 274–282.
DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v11i1.17672
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Author(s)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing:
Office:Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0