PENGARUH LATIHAN MENGGUNAKAN RAKET TENIS LAPANGAN TERHADAP HASIL PUKULAN OVERHEAD LOB BULU TANGKIS
Abstract
Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh latihan menggunakan raket tenis lapangan terhadap hasil pukulan overhead lob bulutangkis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi Eksperimen dengan menggunakan rancangan pre-test – post-test randomized control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra SMP Negeri 36 Palembang yang berjumlah 282 siswa, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling atau teknik acak dan sampel yang digunakan berjumlah 60 siswa atau 21,28 % dari 282 siswa. Instrumen yang digunakan adalah hasil pukulan overhead lob bulutangkis dengan bentuk latihan meggunakan raket tenis lapangan dan hasil dari pre-test dirankingkan dari data terkecil hingga data terbesar. Setelah itu sampel dibagi kedalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan cara ordinal pairing. Teknik analisis data menggunakan uji “ t ”. Berdasarkan analisis data hasil penelitian didapatkan t hitung sebesar (6,83), sementara t table sebesar (1.671), maka t hitung (6,83) > t table (1,671). Hasil penelitian berpengaruh jika t hitung > t table. Dengan demikian hipotesis diterima, dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan menggunakan raket tenis lapangan terhadap hasil pukulan overhead lob bulutangkis pada siswa SMP Negeri 36 Palembang.
Kata-kata kunci: Raket tenis lapangan, overhead lob, bulutangkis
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/altius.v6i2.8075
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan
Indexing:
Office:Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0