PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN TENDANGAN BUSUR DALAM MATAKULIAH PENCAKSILAT

Deni Setiawan, Defri Mulyana

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  peningkatan motivasi dan hasil belajar matakuliah pencaksilat menggunakan pendekatan scientificpada mahasiswa kelas a jurusan pendidikan jasmani fkip angkatan 2016 tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah classroom action reseach(PTK): terdiri dari tahapan siklus I dan Siklus II Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas a jurusan pendidikan jasmani fkip angkatan 2016 tahun ajaran 2017/2018sebanyak 36 orang. Setelah melakukan ke 4 aspek penelitian terdapat hasil pembelajaran yang dilakukanpada siklus Ididapatkannya skor rata-rata 60,01 dengan demikian dari jumlah 36 orang mahasiswa yang mengikuti pembelajaran, ternyata hanya ada 17 orang mahasiswa yang mencapai hasil belajar tendangan busur pencaksilat dengan baik sesuai dengan standart KKM 75% pada penilaian pembelajaran pencaksilat dan 19 orang mahasiswa yang belum mencapai hasil belajar tendangan busurpencaksilat, maka kriteria ketuntasan pada siklus I yaitu 47% dari jumlah perolehan 17 mahasiswa yang berhasil dan 19 mahasiswa yang belum berhasil. Pada pembelajaran siklus II masih sama dengan pembelajaran siklus I, hanya saja yang membedakan disini ialah pengulangan dan peningkatan pembelajarannya, pada siklus II diperoleh rata-rata 75,92dengan kriteria ketuntasan belajar 92% yaitu “baik” sudah melebihi nilai rata-rata 75% sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

 

Kata Kunci: Pendekatan Scientific, Motivasi dan Hasil Belajar, Tendangan Busur, Pencaksilat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0

International License.

Flag Counter

 

doaj