IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF PADA ANAK-ANAK KEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF

Aref Vai, Jeri Lorenza

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Penjas Adaptif, Anak Bekebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Inklusi Kecamatan Rumbai. Metode penelitian menggunakan Penelitian Kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei dan instrumen berupa angket implementasi pembelajaran Penjas Adaptif dengan validitas 0,885, reliabilitas 0,959, dan kompetensi guru serta sarana dan prasarana dengan sampel sebanyak 3 guru. Teknik analisis penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan persentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan Pembelajaran Adaptif Penjas pada anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi kecatamatan Rumbai Pesisir  mengacu pada kategori baik 45%, 43% cukup baik dan kurang baik 12% dan 0% tidak baik kategori. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa implementasi pembelajaran Penjas Adaptif pada anak berkebutuhan khusus  di sekolah dasar inklusi di Kecamatan Rumbai Pesisir mengacu pada kategori baik.

 

Kata Kunci: Implementasi,Pembalarajan Penjas Adaftif, Sekolah Dasar Inklusi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v8i1.8243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan



Indexing:

sinta-logogarudagoogleroadcrossref

Office :

Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
Homepage: https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/altius/index
WhatsApp Only: +62 896-6891-9112
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id


Creative Commons License
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License