PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS IX.1 MELALUI TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli pada siswa kelas IX.1 melalui teaching games for understanding (TGfU) implementasi penugasan dosen di SMP Negeri 9 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian tindakan yaitu siswa kelas IX.1 berjumlah 32 orang. Berdasarkan hasil pre test (data awal) bahwa diperoleh dari aspek afektif secara klasikal dikatakan tuntas, karena sebanyak 29 siswa (90,62%) sudah memenuhi KKM, dari ranah kognitif mencapai presentasi 90,63 (sangatbaik), dan nilai rata-rata kelas untuk ranah psikomotor belum tuntas berjumlah 18 siswa dengan presentasi sebesar 56,25 (kurang). Oleh sebab itu, dilakukan siklus I untuk memperbaiki nilai rata-rata pada ranah psikomotor, hasil yang diperoleh yaitu persentase sebesar 88,9 (kategori baik), sehingga secara klasikal siswa Tuntas dalam ranah psikomotor. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan hasil dari aspek psikomotor. Implikasi dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TGfU dapat meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli.
Kata Kunci: Pembelajaran Passing Bawah, Bola Voli, TGfU, PTK
Full Text:
PDFReferences
Aryanti, S., Victorian, A. R., & Yusfi, H. (2018). Pengembangan Teknik Pembelajaran Servis Forehand Bulutangkis bagi Siswa Putra Sekolah Menengah Atas. Sebatik, 22(2), 181-187.
Azhar, S. (2017). Pengaruh Metode Latihan Dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Passing Atas Bola Voli. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 6(1).
Destriana, D., Destriani, D., & Yusfi, H. (2018). Pengembangan Teknik Pembelajaran Pasing Bawah Permainan Bola Voli SMP Kelas VII. Sebatik, 22(2), 172-175.
Harvey, Stephen., Cushion, Christopher J., and Gonzales, Ada N. Massa. Learning a New Method: Teaching Games for Understanding in the Coaches’ Eyes. Physical Education and Sport Pedagogy Vol. 15, No. 4, 2010, 361–382.
Karim, D. A., Ginanjar, A., & Sugiyanto, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Teknik Dasar Passing Bawah Permainan Bola Voli. Jskk (Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan), 2(1), 1-4.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Resesarch Planner (ISBN 978-9). Singapore: Springer.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pujianto, A. (2014). Persepsi Guru Pendidikan Jasmani terhadap Model Teaching Games For Understanding (TGFU). Journal of Physical Education Health and Sport, 1(2), 86-92.
Suwarso, E. & Sumarya.Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kemendiknas, 2010.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategidan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaini, H. (2015). Karakteristik kurikulum 2013 dan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 15-31.
DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v9i1.9982
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan
Indexing:
Office:Kantor Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang-Prabumulih KM 32, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan 30862
E-mail: altius@fkip.unsri.ac.id
Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan is licensed under a Creative Commons — Attribution 4.0 International — CC BY 4.0