EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW.

keke inka permata

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe Jisaw dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain one grup pretes-postes desain. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas X SMA negeri 16 Bandar Lampung. Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas X MIA2 sebagai sampel. Data kuantitatif pada penelitian ini diperoleh dari pretes dan postes untuk mengukur hasil belajar kognitif, data kualitatif didapatkan dari self assessment,peer assessment dan lembar observasi. Hasil penelitian data N-gain menunjukkan bahwa 63% peserta didik masuk kategori “sedang” dan lebih dari 93% peserta didik sudah masuk dalam kategori “cukup” dalam meningkatkan komunikasi lisannya. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajarn tipe Jisaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan peserta didik.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i1.10005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

p-ISSN : 2355-7192

e-ISSN : 2613-9936

 
 
Index by:
 
 Hasil gambar untuk garuda ristekdikti
 Image result for sinta ristekdikti
Author Support Tools
Gambar terkait
Hasil gambar untuk mendeley
 
 
 

View My Stats

Flag Counter

 

Contact Person :

Dr. Riyanto, M.Si.

Program Studi Pendidikan Biologi

Email : jpb@fkip.unsri.ac.id

Kampus Indralaya - Jalan Raya Palembang Prabumulih Km. 32 Ogan Ilir Sumatera Selatan

Kampus Palembang - Jalan Ogan, Bukit Besar Palembang