• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW. | permata | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    EFEKTIVITAS HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW.

    keke inka permata

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe Jisaw dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain one grup pretes-postes desain. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas X SMA negeri 16 Bandar Lampung. Metode penelitian ini kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan kelas X MIA2 sebagai sampel. Data kuantitatif pada penelitian ini diperoleh dari pretes dan postes untuk mengukur hasil belajar kognitif, data kualitatif didapatkan dari self assessment,peer assessment dan lembar observasi. Hasil penelitian data N-gain menunjukkan bahwa 63% peserta didik masuk kategori “sedang” dan lebih dari 93% peserta didik sudah masuk dalam kategori “cukup” dalam meningkatkan komunikasi lisannya. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajarn tipe Jisaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan menumbuhkan keterampilan komunikasi lisan peserta didik.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i1.10005

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.