INVENTARISASI TUMBUHAN OBAT SEBAGAI POTENSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK

Marisa Christina Tapilouw

Abstract


Tumbuhan obat digunakan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sederhana dalam mengobati suatu penyakit. Setiap kelompok Budaya menamai tumbuhan obat dengan nama daerah, yang merupakan ciri khas suatu kelompok budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi tumbuhan obat untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran tematik sekaligus mempertahankan kearifan lokal. Suatu pengetahuan dapat berguna bila kita memasukkan unsur pedagogik dalam kebudayaan. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan empat pengelompokan tumbuhan obat. Apabila ditinjau dari segi budaya, pengetahuan tumbuhan obat merupakan warisan turun temurun yang perlu dipertahankan. Suatu pengetahuan dapat berguna bila kita memasukkan unsur pedagogik dalam kebudayaan. Bahan ajar tentang tumbuhan obat berpotensi untuk dikembangkan. Unsur budaya dan pedagogik merupakan pasangan yang tepat dalam melestarikan pengetahuan tumbuhan obat di suatu kelompok budaya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i1.11444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

p-ISSN : 2355-7192

e-ISSN : 2613-9936

 
 
Index by:
 
 Hasil gambar untuk garuda ristekdikti
 Image result for sinta ristekdikti
Author Support Tools
Gambar terkait
Hasil gambar untuk mendeley
 
 
 

View My Stats

Flag Counter

 

Contact Person :

Dr. Riyanto, M.Si.

Program Studi Pendidikan Biologi

Email : jpb@fkip.unsri.ac.id

Kampus Indralaya - Jalan Raya Palembang Prabumulih Km. 32 Ogan Ilir Sumatera Selatan

Kampus Palembang - Jalan Ogan, Bukit Besar Palembang