INVENTARISASI TUMBUHAN OBAT SEBAGAI POTENSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK
Abstract
Tumbuhan obat digunakan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sederhana dalam mengobati suatu penyakit. Setiap kelompok Budaya menamai tumbuhan obat dengan nama daerah, yang merupakan ciri khas suatu kelompok budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi tumbuhan obat untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran tematik sekaligus mempertahankan kearifan lokal. Suatu pengetahuan dapat berguna bila kita memasukkan unsur pedagogik dalam kebudayaan. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan empat pengelompokan tumbuhan obat. Apabila ditinjau dari segi budaya, pengetahuan tumbuhan obat merupakan warisan turun temurun yang perlu dipertahankan. Suatu pengetahuan dapat berguna bila kita memasukkan unsur pedagogik dalam kebudayaan. Bahan ajar tentang tumbuhan obat berpotensi untuk dikembangkan. Unsur budaya dan pedagogik merupakan pasangan yang tepat dalam melestarikan pengetahuan tumbuhan obat di suatu kelompok budaya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i1.11444
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id
_______________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.