• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • INVENTARISASI TUMBUHAN OBAT SEBAGAI POTENSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK | Tapilouw | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    INVENTARISASI TUMBUHAN OBAT SEBAGAI POTENSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEMATIK

    Marisa Christina Tapilouw

    Abstract


    Tumbuhan obat digunakan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman sederhana dalam mengobati suatu penyakit. Setiap kelompok Budaya menamai tumbuhan obat dengan nama daerah, yang merupakan ciri khas suatu kelompok budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi tumbuhan obat untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran tematik sekaligus mempertahankan kearifan lokal. Suatu pengetahuan dapat berguna bila kita memasukkan unsur pedagogik dalam kebudayaan. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan empat pengelompokan tumbuhan obat. Apabila ditinjau dari segi budaya, pengetahuan tumbuhan obat merupakan warisan turun temurun yang perlu dipertahankan. Suatu pengetahuan dapat berguna bila kita memasukkan unsur pedagogik dalam kebudayaan. Bahan ajar tentang tumbuhan obat berpotensi untuk dikembangkan. Unsur budaya dan pedagogik merupakan pasangan yang tepat dalam melestarikan pengetahuan tumbuhan obat di suatu kelompok budaya.

    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i1.11444

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.