IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR TUMBUHAN KELAS XI IPA 2 SMA SRIJAYANEGARA PALEMBANG
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Peserta didik yang dilibatkan dalam penelitian sebanyak 35 orang yang berasal dari kelas XI IPA 2 SMA Srijaya Negara Palembang. Sampling dilakukan secara simple random, data hasil belajar diambil dengan menggunakan instrumen soal bentuk pilihan ganda (25 soal). Uji normalitas dan uji hipotesis berturut-turut menggunakan Shapiro-Wilk dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Peningkatan hasil belajar termasuk dalam kategori sedang dengan nilai n-gain = 0,59. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik struktur dan fungsi tumbuhan.
DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i1.11569
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id
_______________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.