• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK KELAS VIII.A SMP NEGERI 19 TANJUNG JABUNG | Rozana | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK KELAS VIII.A SMP NEGERI 19 TANJUNG JABUNG

    Rina Rozana, Hotmaida Hotmaida

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Pair Check di SMP Negeri 19 Tanjung Jabung. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri atas tiga kali pertemuan proses tindakan dan satu kali evaluasi. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, evaluasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa instrumen non tes berupa lembar observasi, catatan harian, angket sebelum dan sesudah siklus, tes tulis berupan ulangan harian akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II, di mana rata-rata hasil ulangan akhir pra siklus  adalah 74,03 yaitu dengan persentase ketuntasan 55,17 % sementara rata-rata akhir hasil akhir siklus I adalah 77,1 atau dengan persentase ketuntasan yaitu 62,07 % atau mengalami peningkatan 6,9 % dan pada siklus II mencapai 89.66 % yaitu dengan jumlah siswa yang tuntas yaitu 26 siswa dari 29 siswa atau mengalami peningkatan 27,59 %, yang berarti menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Pair Check dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v7i2.13656

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.