• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • Uji Kelayakan Panduan Praktikum Materi Penyimpangan Semu Hukum Mendel Berbasis Edmodo Untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi | Koiriah | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    Uji Kelayakan Panduan Praktikum Materi Penyimpangan Semu Hukum Mendel Berbasis Edmodo Untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi

    Miftahul Koiriah, Jodion Siburian, Evita Anggereini

    Abstract


    ABSTRACT

    This research was conducted  to determine the feasibility of the Mendel's law pseudo deviation practicum guide as a genetics learning medium in lectures., namely analysis, design, develop, implementation and evaluation. The data analysis used is qualitative dat The method used in this research is the development (Research and Development) with ADDIE development design, analysis in the form of suggestions from media and material validators and quantitative data in the form of Likert scale questionnaires. The results of the validation of the media carried out in the practicum guide include 69,33% (good) the results of the first validation and the results of the second validation 88% (very good). The results of material validation include 50,37% (adequate) in the first validation, 70,37% (good) in the second validation and 93,33% (very good) in the third validation. Based on the results of the validation of the media and materials, this practical guide is feasible and can be used for the next stage.

     

    Keywords:

    Validation, Guide, Genetics, Material, Media

    ABSTRAK

    Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari panduan praktikum penyimpangan semu hukum mendel sebagai media pembelajaran genetika di perkuliahan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) dengan desain pengembangan ADDIE, yaitu analisis, design, development  implementasi dan evaluasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif berupa saran dari validator media dan materi serta data kuantitatif berupa angket skala likert. Hasil dari validasi media  yang dilakukan  pada panduan praktikum antara lain 69,33% (baik) hasil validasi pertama dan hasil  validasi yang kedua 88%  (sangat baik) . hasil validasi materi antara lain  50,37% (cukup) pada validasi pertama, 70,37% (baik) pada validasi kedua dan 93,33% (sangat baik) pada validasi ketiga. Berdasarkan hasil validasi media dan materi tersebut  maka panduan  praktikum ini layak dan dapat digunakan untuk tahap selanjutnya.

    Kata kunci:

    Validasi, Panduan, Genetika, Materi, Media


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v8i2.15573

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.