• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • VALIDITAS LKPD PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA SANTUN UNTAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN POTENSI LOKAL TUMBUHAN DI TAMAN DIGULIS PONTIANAK | Mildaty | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    VALIDITAS LKPD PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA SANTUN UNTAN BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERDASARKAN POTENSI LOKAL TUMBUHAN DI TAMAN DIGULIS PONTIANAK

    Mildaty Mildaty, Nuri Dewi Muldayanti, Ari Sunandar

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan LKPD dan/1menganalisis kevalidan LKPD berbasis discovery learning pada materi keanekaragaman hayati berdasarkan potensi lokal tumbuhan di Taman Digulis Pontianak. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengadopsi pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation), tanpa tahapan implementasi/1dan evaluasi. Instrument penelitian berupa lembar validasi aspek media, lembar validasi aspek materi dan lembar validasi aspek kebahasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD materi keanekaragaman hayati berbasis discovery learning berdasarkan potensi lokal tumbuhan di Taman Digulis Pontianak telah dikembangkan termasuk dalam kategori valid dari segi materi berdasarkan sepuluh aspek yang dinilai, valid dari segi media berdasarkan tigabelas aspek yang dinilai dan valid dari segi bahasa berdasarkan sembilan aspek yang dinilai dengan skor rata-rata aspek 73,6 %/1hingga disimpulkan LKPD yang dikembangkan valid dapat dilanjutkan ke tahap uji coba skala kecil dan skala besar dalam pembelajaran.

    Kata kunci:Discovery learning,Potensi lokal,Validitas LKPD

     


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v9i1.17040

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.