PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar kelas X di SMA Negeri 11 Palembang pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre eksperimental design dengan bentuk desain one group pretest – posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 40 orang. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar rata - rata sebesar 31,92 sehingga diperoleh indeks gain sebesar 0,72 termasuk dalam kategori tinggi dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90,83%. Berdasarkan hasil uji –t menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest berbeda nyata, dimana nilai postest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Palembang pada materi pencemaran lingkungan.
Â
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two, hasil belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v1i2.4710
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id
_______________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.