• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN | Roy | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

    Novaria Roy, Djunaidah Zen, Khoiron Nazip

    Abstract


    Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran  kooperatif tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar kelas X di SMA Negeri 11 Palembang  pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre eksperimental design dengan bentuk desain one group pretest – posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa 40 orang. Pengambilan sample dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 11 Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar  rata - rata  sebesar 31,92 sehingga diperoleh indeks gain sebesar 0,72 termasuk dalam kategori tinggi dengan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai  90,83%. Berdasarkan hasil uji –t menunjukkan  bahwa nilai pretest dan posttest berbeda nyata, dimana nilai postest lebih tinggi dibandingkan nilai pretest. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran  kooperatif tipe The Power Of Two berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kelas  X MIA 1 SMA Negeri 11 Palembang pada materi pencemaran lingkungan.

     

    Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two, hasil belajar


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v1i2.4710

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.