PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONAL DOSEN DAN HASIL BELAJAR MAHASIWA PADA MATA KULIAH PERKEMBANGAN HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNSRI
Abstract
Abstrak: Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi bahwa penerapan LS dapat meningkatkan profesional dosen dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah PH di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Jenis metode penelitian ini adalah deskriptif, karena melaporkan hasil observasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan PBM pada mata kuliah PH di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Pada pelaksanaannya berkolaborasi dengan dosen – dosen Pendidikan MIPA, khususnya Pendidikan Biologi, yaitu pada saat plan, do dan see. Subjek penelitian ini adalah dosen pengasuh mata kuliah PH dan mahasiswa semester V tahun ajaran 2011/2012 kelas Indralaya dengan jumlah 37 orang. Hasil penelitian menunjukkan 1. Pengamatan LS terakhir seluruh kegiatan PBM yang difokuskan pada pemahaman konsep oleh mahasiswa sudah baik. Artinya sudah terjadi peningkatan PBM menjadi lebih baik, peningkatan kompetensi padegogik dosen model seperti perbaikan perangkat pembelajaran, ppt, LKM, dan bahan ajar serta menemukan langkah pembelajaran yang tepat. 2. Terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa pada LS pertama, kedua dan ketiga masing – masing sebesar 45,67, 65,12 dan 77,00 dan terjadi ketuntasan belajar mahasiswa, yaitu lebih dari 85 % mendapat skor di atas 56.
Â
Kata Kunci: Lesson Study, Dosen Profesional, Hasil Belajar dan Perkembangan Hewan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v1i2.4711
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id
_______________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.