PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA

Aprillyana Dwi Utami, Siti Huzaifah, Kodri Madang

Abstract


Abstrak: Penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik telah dilakukan untuk materi sistem gerak manusia mata pelajaran Biologi kelas XI SMA. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD yang valid dan praktis. Metode yang dilakukan adalah metode Development Research (DR) yang mengacu pada model pengembangan Akker (1999). Langkah penelitian dan pengembangan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi dibagi menjadi tiga tahap yaitu self evaluation, expert review, one to one dan small group. Penelitian pengembangan ini dibatasi hingga tahap small group. Validasi LKPD dilakukan melalui tahap expert review (ahli isi, ahli penyajian, ahli pendekatan saintifik dan ahli bahasa). Berdasarkan expert review didapat hasil nilai rata-rata yaitu 4,46 yang menunjukkan bahwa LKPD sangat valid. Kepraktisan LKPD dapat diketahui melalui hasil analisis angket peserta didik pada uji coba one to one dan small group. Nilai rata-rata hasil angket kepraktisan pada tahap one to one adalah 3,64 dan tahap small group adalah 4,53 yang menunjukkan bahwa LKPD termasuk kategori praktis dan sangat praktis. Hasil analisis uji validasi ahli dan analisis angket peserta didik menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis.

 

Kata Kunci : LKPD, pendekatan saintifik, sistem gerak




DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v2i2.4730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id

website statistics View My Stats

_______________________

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.