• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • mariatogel
  • g200m
  • 55kbet
  • a200m
  • garudaslot
  • HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNTIRTA | Suratmi | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNTIRTA

    Suratmi Suratmi, Rukman Abdullah, Muhammad Taufik

    Abstract


    ABSTRAK: Kecemasan sering muncul pada individu manakalah berhadapan dengan situasi yang tidak menyenangkan. Salah satunya adalah kecemasan mahasiswa dalam menghadapi ujian.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dengan hasil belajar mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi UNTIRTA.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif dengan teknik korelasional.  Instrumen yang digunakan berupa angket, lembar observasi dan pedoman wawancara tentang tingkat kecemasan mahasiswa Biologi dalam menghadapi ujian pada mata kuliah di Program Studi Pendidikan Biologi. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa  memiliki tingkat kecemasan yang sedang dalam menghadapi Ujian Tengah Semester. Sebagian besar mahasiswa memiliki hasil belajar yang cukup dalam belajar mata kuliah Evaluasi proses dan Hasil Belajar Biologi. Kesimpulannya adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan menghadapi ujian dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Untirta.

     

    Kata kunci: Tingkat kecemasan, hasil belajar


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v4i1.4952

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.