PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM SIRKULASI
Abstract
Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi mengenai pengaruh penerapan Model Pembelajaran Generatif terhadap pemahaman konsep siswa di kelas XI SMAN 1 Tanjung Batu. Penelitian ini menerapkan metode kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan data tes pemahaman konsep dilakukan di kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kedua sampel pada tingkat kepercayaan 95%. Hasil analisis data uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS diperoleh nilai thitung sebesar 3,38 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df 61 adalah 2,00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu 3,38 > 2,00. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal tersebut dibuktikan dari nilai rata-rata tes pemahaman konsep yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 82,031 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 69,839, sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Generatif terhadap pemahaman konsep siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Batu pada Materi Sistem Sirkulasi.
Â
Kata kunci : Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Generatif, Sistem Sirkulasi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v3i1.4962
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id
_______________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.