Model Pendidikan Konservasi Lingkungan Hidup dengan Penerapan Nilai-Nilai Islam di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada Lombok Barat - Indonesia

M. Harja Efendi, Mimien Henie Irawaty, Fatchtur Rohman, Abdul Gafur

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengungkapkan model pendidikan konservasi lingkungan hidup dilihat dari aspek nilai-nilai islam. Metode penelitian ini kualitatif dengan fenomenologi existing models. Lokasi penelitain di pondok pesantren Nurul Haramain (PPNH). Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (deep interview), studi dokumen, dan pengamatan partisipatif. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan verifikatif. Hasil penelitian mengungkapkan kegiatan pendidikan konservasi lingkungan hidup berupa nilai-nilai dasar, nilai-nilai instrumental dan nilai-nilai akhir. model yang dikemukakan disajikan sebagai berikut: a) nilai dasar yang dimiliki; b) strategi dan metode pembelajaran yang digunakan; c) perilaku yang muncul dari pendidikan konservasi lingkungan hidup.

 

Kata Kunci: Model pendidikan konservasi, Nilai-nilai Islam.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v6i1.8528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Address:
Biologi Education Study Program
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Sriwijaya, Indonesia
email: jpb@fkip.unsri.ac.id

website statistics View My Stats

_______________________

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.