• https://theoejwilson.com/
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • 55kbet
  • slot gacor
  • garudaslot
  • link slot gacor
  • Model Pendidikan Konservasi Lingkungan Hidup dengan Penerapan Nilai-Nilai Islam di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada Lombok Barat - Indonesia | Efendi | Jurnal Pembelajaran Biologi: Kajian Biologi dan Pembelajarannya

    Model Pendidikan Konservasi Lingkungan Hidup dengan Penerapan Nilai-Nilai Islam di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Narmada Lombok Barat - Indonesia

    M. Harja Efendi, Mimien Henie Irawaty, Fatchtur Rohman, Abdul Gafur

    Abstract


    Penelitian ini bertujuan mengungkapkan model pendidikan konservasi lingkungan hidup dilihat dari aspek nilai-nilai islam. Metode penelitian ini kualitatif dengan fenomenologi existing models. Lokasi penelitain di pondok pesantren Nurul Haramain (PPNH). Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (deep interview), studi dokumen, dan pengamatan partisipatif. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan verifikatif. Hasil penelitian mengungkapkan kegiatan pendidikan konservasi lingkungan hidup berupa nilai-nilai dasar, nilai-nilai instrumental dan nilai-nilai akhir. model yang dikemukakan disajikan sebagai berikut: a) nilai dasar yang dimiliki; b) strategi dan metode pembelajaran yang digunakan; c) perilaku yang muncul dari pendidikan konservasi lingkungan hidup.

     

    Kata Kunci: Model pendidikan konservasi, Nilai-nilai Islam.


    Full Text:

    PDF


    DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v6i1.8528

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Editorial Address:
    Biologi Education Study Program
    Faculty of Teacher Training and Education
    Universitas Sriwijaya, Indonesia
    email: jpb@fkip.unsri.ac.id

    website statistics View My Stats

    _______________________

    Creative Commons License

    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.