IMPLEMENTASI PENILAIAN SOFT SKILLSPADA PEMBELAJARAN IPA DI PERSEKOLAHAN BERORIENTASI LESSONS STUDY

Ida Yayu Nurul Hizqiyah, Cartono Cartono, Fitri Aryanti

Abstract


Peningkatan mutu penyelenggaraan akademik di sekolah dititik beratkan pada penciptaan proses pembelajaran yang kondusif, efektif dan efisien, agar dapat memberikan bekal kemampuan akademis dan profesional kepada para siswa, sehingga lulusan yang dihasilkan siap bersaing di pasar global. Guru harus berfikir kreatif dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran seperti halnya penerapan lessons study dan peningkatan soft skillsLesson Study merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan keprofesionalan guru. Pengembangan diri dan pembangunan karakter siswa juga diperlukan dan merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran. Selama ini pendidikan di negeri ini hanya menekankan pada hard skills dengan alasan indikator pada hard skills lebih mudah untuk diukur dan diamati daripada indikator soft skills. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata keterlaksanaan implementasi penilaian soft skills cenderung pada kategori baik dimana nilai rata-ratanya diatas 80% dan nilai rerata indikator soft skills pada kategori Mulai Berkembang (MB) dan Mulai Membudaya (MM).

 

Kata Kunci: pembelajaran, lesson study, soft skills


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v6i2.9627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

p-ISSN : 2355-7192

e-ISSN : 2613-9936

 
 
Index by:
 
 Hasil gambar untuk garuda ristekdikti
 Image result for sinta ristekdikti
Author Support Tools
Gambar terkait
Hasil gambar untuk mendeley
 
 

View My Stats

Flag Counter

 

Contact Person :

Dr. Riyanto, M.Si.

Program Studi Pendidikan Biologi

Email : jpb@fkip.unsri.ac.id

Kampus Indralaya - Jalan Raya Palembang Prabumulih Km. 32 Ogan Ilir Sumatera Selatan

Kampus Palembang - Jalan Ogan, Bukit Besar Palembang