MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI

Mardaleni Leni, Yenny Anwar, Meilinda Meilinda

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi sistem koordinasi kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Desain-Non Equivalent Control Group. Penentuan sampel menggunakan teknik Simple Random Samping. Melalui pengundian ditentukan dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis berupa soal pilihan ganda 30 soal dengan lima jawaban alternatif dan lembar observasi kinerja KPS. Perbandingan nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen sebesar 83 dengan gain 47 sedangkan kelas kontrol tes akhir sebesar 71 dengan gain 26. Nilai n-gain tertinggi pada kelas eksperimen adalah KPS menafsirkan/interpretasi sedangkan n-gain terendah adalah KPS berkomunikasi. Berdasarkan uji statistik menggunakan SPSS uji t, nilai probabilitas (signifikansi) sebesar 0,000 maka hipotesis H0 ditolak artinya model inkuiri terbimbing berpengaruh signifikan terhadap KPS peserta didik pada materi sistem koordinasi kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/fpbio.v6i2.9860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

p-ISSN : 2355-7192

e-ISSN : 2613-9936

 
 
Index by:
 
 Hasil gambar untuk garuda ristekdikti
 Image result for sinta ristekdikti
Author Support Tools
Gambar terkait
Hasil gambar untuk mendeley
 
 
 

View My Stats

Flag Counter

 

Contact Person :

Dr. Riyanto, M.Si.

Program Studi Pendidikan Biologi

Email : jpb@fkip.unsri.ac.id

Kampus Indralaya - Jalan Raya Palembang Prabumulih Km. 32 Ogan Ilir Sumatera Selatan

Kampus Palembang - Jalan Ogan, Bukit Besar Palembang