STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA

Moh Wahyu Kurniawan, Adi Slamet Kusumawardhana

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah Pertama, menganalisis strategi penanaman nilai-nilai karakter di SMA Negeri 7 Malang dan Kedua, menganalisis strategi penanaman nilai-nilai karakter dalam membentuk sikap demokratis siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif diskriptif informan utama ialah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru sebagai informan di lingkungan SMA Negeri 7 Kota Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri dari 2 (dua) yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu: Pertama, Teknik observasi; Kedua, Teknik wawancara; dan Ketiga, Teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles Hubarman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.Hasil penelitian ini ialah, Pertama Penguatan pendidikan karakter di lingkungan sekolah diintegrasikan dalam  beberapa  pendekatan,  salah  satunya  ialah  kegiatan  proses  belajar mengajar  pada  setiap  mata  pelajaran. Kedua, penguatan pendidikan karakter dalam membentuk sikap demokratis siswa dan pada kegiatan pembelajaran juga didukung dengan kegiatan intra dan ekstra kulikuler, temuan lain nampak pada keterlibatan siswa dan orang tua diajak dalam pengambilan keputusan sekolah. Ketiga, Melalui budaya sekolah, siswa diberikan pendampingan dan pembinaan khususnya siswa baru yang diadakan kegiatan di Rindam Brawijaya 5 DODIKJUR Malang, fokus kegiatan ini merupakan pembentukan dan peningkatan karakter.


Keywords


Demokratis dan Penguatan Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

  

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.