ANALISIS KEPEKAAN SOSIAL GENERASI (Z) DI ERA DIGITAL DALAM MENYIKAPI MASALAH SOSIAL

nurhayati nurhayati, Bercah Pitoweas, Devi Sutrisno Putri, Hermi Yanzi

Abstract


Kecanggihan teknologi dalam kehidupan sehari-hari yang serba digital semakin terasa diera saat ini, hal ini diakibatkan oleh perkembangan teknologi yang melanda dunia secara global. Perkembangan teknologi juga merubah manusia secara umum di era digital seperti pola dan gaya hidup sehari-hari yang tidak bisa lepas dari perangkat serba elektronik. Teknologi serba canggih yang ada tentunya sangat membantu dan mempengaruhi kebutuhan manusia saat ini baik dari segi tugas, pekerjaan, dan bersilaturmi atau bersosialisasi antara satu dengan yang lain. Sehingga, dapat dikatakan bahwa teknologi mempunyai peran penting dalam peradaban manusia di era digital ini. Namun, kecanggihan teknologi ini tidak serta merta selalu berdampak positif. Pemanfaatan media digital yang tidak bertanggung jawab justru akan membuat berbagai masalah bermunculan. Kecanduan gadget atau asyik bermain dengan media sosialnya membuat seseorang tidak bisa lepas dari alat tersebut, sehingga terkadang hal ini menjadikan individu tidak peduli dengan apa yang terjadi di lingkungan. Hal demikian merupakan salah satu kekhawatiran masalah yang akan ditimbulkan dari penggunaan media digital. Seakan seseorang tidak membutuhkan bantuan orang lain lagi karena semua bisa dilakukan sendiri dengan media digitalnya. Begitu pun sebaliknya, orang tersebut juga tidak akan peduli dengan apa yang terjadi dengan orang lain. Untuk melihat fenomena ini, peneliti ingin menganalisis kepekaan sosial peserta didik di SMA YP Unila dalam menghadapi masalah-masalah sosial. Sehingga, temuan peneliti nantinya dapat dijadikan bahan dalam pengembangan kepekaan sosial peserta didik.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk  memperoleh gambaran tentang kepekaan sosial yang dimiliki generasi Z di era digital dalam menghadapi masalah sosial dilingkungan sekitar, lokal, hingga internasional lalu menganalisisnya. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Untuk mendapatkan data penelitian, akan dilakukan dengan wawancara mendalam kepada informan yang dapat memberi jawaban sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi. Pemilihan informan penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling, agar data yang diperoleh dari informan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penelitian

 

Kata kunci: Kepekaan Sosial, Generasi Z, Era Digital, Masalah Sosial

 


Keywords


Kepekaan Sosial, Generasi Z, Era Digital, Masalah Sosial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.11415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

  

 

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.