PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PPKn FKIP UNSRI PADA MATAKULIAH PSIKOLOGI SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GALLERY WALK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswaprogram studi PPKn FKIP Unsri dalam proses pembelajaran Psikologi Sosial melaluipenerapan metode pembelajaran Gallery Walk. Metode penelitian yang digunakanadalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus,masing-masing siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini seluruhpeserta matakuliah PS semester III tahun 2013/2014 yang berjumlah 48 orang. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Gallery Walk dapatmeningkatkan keaktifan belajar mahasiswa program studi PPKn FKIP UNSRI dalamperkuliahan PS. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan keaktifan belajar mahasiswasebelum PTK sebesar 48%, pada akhir siklus pertama meningkat menjadi 70,9%, danpada akhir siklus kedua meningkat menjadi 91,7% dari total mahasiswa. Selain itu jugameningkatkan hasil belajar mahasiswa yaitu 64,44 % mendapat nilai A, 31 % nilai B,dan 5 % nilai C
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i1.4529
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Umi Chotimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.