MENINGKATKAN KOMPETENSI EKOLITERASI SANITASI MELALUI PERPADUAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN DEMONSTRASI

Husnil Kirom, Kiki Aryaningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi ekoliterasi sanitasi melalui penerapan model Problem Based Learning dengan Demonstrasi Program Upaya Binmas Konseling Sekolah Polres Ogan Ilir pada pembelajaran PPKn di kelas VII-A SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Jenis penelitian adalah PTK melalui dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas VII-A berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen observasi, lembar angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data hasil observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif, data hasil angket dengan skala likert, data hasil wawancara kepada guru BK dan PAIBP, wali kelas, siswa, Kaur Min Binmas Polres Ogan Ilir, data hasil dokumentasi berbentuk pembinaan siswa, catatan prestasi siswa, foto pembelajaran, kegiatan ekoliterasi sanitas, dan pendidikan karakter di sekolah. Kesimpulannya bahwa penerapan model PBL dengan program Ubisela dapat meningkatkan kompetensi ekoliterasi dan budaya patuh siswa pada pembelajaran PPKn secara signifikan, yaitu hasil observasi 86,24 sangat baik, hasil angket skor akhir 3,62 kategori sangat baik, hasil wawancara dan data dokumentasi menunjukkan adanya penumbuhan budaya patuh berupa kepedulian sanitasi toilet sekolah dan kedisiplinan terhadap peraturan sekolah siswa kelas VII-A di SMP Negeri 1 Indralaya Utara tahun pelajaran 2018/2019.

 

Kata kunci : Model PBL, Program Ubisela, Kompetensi Ekoliterasi, Budaya Patuh

Full Text:

PDF

References


Daryanto dan Hery Tarno. 2015. Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif; Analisis Data Model Miles dan Hubermann. Jakarta: Rajawali Pers.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2007. Permendiknas RI Nomor 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Sekolah. Jakarta: Kemdiknas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Satuan Bimbingan Masyarakat Kepolisian Resort Ogan Ilir. 2019. Handout dan Slide PPt Program Upaya Binmas Konseling Sekolah.

Supriatna, Nana. 2016. Ecopedagogy; Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Rosdakarya.

Suyadi. 2015. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winataputra, Udin Syarifuddin. 2007. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Kadir, HA. 2012. Budaya Kebersihan dalam Sejarah Indonesia. Diakses dari http://etnohostori.org/budaya-kebersihan-dalam-sejarah-indonesia-review-hatib-abdul-kadir.html tanggal 20 Juni 2019.




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v7i2.12213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Husnil Kirom, Kiki Aryaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

   

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.