BUKU AJAR HUKUM PIDANA BERBASIS KARAKTER
Abstract
Abstrak
Penelitian ini mengembangkan buku ajar berbasis karakter pada mata kuliah hukum pidana di Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Unsri. Tujuannya untuk mengetahui dampak potensial penggunaan buku ajar berbasis karakter terhadap pengembangan karakter mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan semester lima. Penelitian dilakukan melalui studi pendahuluan, pengembangan produk kemudian di validasi oleh beberapa ahli dan uji coba produk dengan tahapan one to one, small group dan field test. Hasil penelitian dari beberapa tahapan yang telah dilalui dalam pengembangan buku ajar hukum pidana berbasis karakter ini terlihat bahwa buku ajar yang telah dikembangkan bersifat valid dan praktis untuk digunakan, materi yang diajarkan di kelas akan lebih menarik bila disertai dengan contoh / kasus nyata di sekitarnya serta memiliki potensi mengembangkan karakter mahasiswa.
Kata Kunci: Buku Ajar Hukum Pidana, Berbasis Karakter
Abstract
This study develops character-based textbooks on penal law courses in the Civics Education Study Program on Faculty of Teacher Training and Education of Sriwijaya University. The aim is to determine the potential impact of using character-based textbooks on student character development. The subjects of this study were the fifth semester students of the Pancasila and Civics education study program. The research was carried out through a preliminary study, product development then validated by several experts and product trials with one to one stages, small groups and field tests. The results of the research from several stages that have been passed in the development of character-based penal law textbooks show that the textbooks that have been developed are valid and practical to use, the material taught in class will be more interesting if accompanied by real examples / cases around them and have potential to develop student character.
Keywords: Penal Law Textbook, Character Based
Full Text:
PDFReferences
Referensi
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Permendiknas No. 2 Tahun 2008 Tentang Buku
Sabayasa, Anas. 2013. Pengertian Dan Perkembangan Konsep Media, Pembelajaran, Serta Teori Belajar Yang Melandasinya. [Tersedia Online] http://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS)
Zubaedi. 2012. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan). Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Zuriah, Hari S dan Nurbaiti Y. 2016. Ibm Guru Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif berbasis Potensi Lokal. ? Tersedia Online ?http://ejournal.umm.ac.id/index.php/dedikasi/article/viewFile/3136/377
DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v7i2.12325
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Camellia Camellia, Kurnisar Kurnisar, Puspa Dianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.