STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI

Moh Wahyu Kurniawan, Rose Fitria Lutfiana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai anti korupsi di SMAN 9 Malang yang mecakup dalam proses pembelajaran dan budaya sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif dengan menfokuskan pada analisis implementasi pendidikan anti korupsi yang ada di SMAN 9 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Instumen yang digunakan selain peneliti sebagai key instrument juga pendoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan adalah triangulasi dan teknik keabsahan data yang digunakan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa implementasikan nilai-nilai antikorupsi terintegrasi setiap mata pelajaran, pada bagian ini guru memberikan penguatan dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Guru cenderung menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dalam penguatan nilai-nilai antikorupsi, selain itu melalui budaya sekolah diwujudkan dengan tindakan pembiasaan (habitulasi) yang didukung dengan kebijakan sekolah.

Kata Kunci : Strategi, Nilai-Nilai Antikorupsi, Sekolah Menengah Atas

 

ABSTRACT

This study aims to analyze the implementation of anti-corruption values in SMAN 9 Malang which includes the learning process and school culture. The approach in this research is descriptive qualitative by focusing on the analysis of the implementation of anti-corruption education in SMAN 9 Malang. Data collection techniques using interviews, observation and documentation study. The instrument used in addition to the researcher as a key instrument was also interview guidelines, observation guidelines and documentation study guidelines. The data analysis technique used was triangulation and the validity of the data used technique triangulation. The results obtained show that the implementation of anti-corruption values is integrated in each subject, in this section the teacher provides reinforcement from the preliminary, core and closing activities. Teachers tend to use problem-based learning models in strengthening anti-corruption values, besides that through school culture it is manifested by habitual actions supported by school policies.

Keywordsstrategies, anti-corruption values, senior high school


Keywords


strategies, anti-corruption strategies, anti-corruption values

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Fijnaut, Cyrille and Leo Huberts (2002), Corruption, Integrity and Law Enforcement, The Hague: Kluwer Law International.

Indriati, Etty. (2014). Pola dan Akar Korupsi: Menghancurkan Lingkaran Setan Dosa Publik. Jakarta: Gramdia.

Kesuma, Dharma; Darmawan, Cecep; dan Permana, Johar. (2009). Korupsi dan Pendidikan Anti Korupsi. Bandung: Pustaka Aulia Press.

Mustofa & Akhwani. (2019). Strategi Penanaman Nilai-nilai Antikorupsi, Education and Human Development Journal, 1, (2), 43-63.

Montessori, Maria. (2012). Pendidikan Anti Korupsi Sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Demokrasi, 11 (1), 293-301.

Nanang T. Puspito dkk. (2011). Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Sutrisno. (2017). Implementasi Pendidikan Antikorupsi Pada Mata Pelajaran PPKn Berbasis Project Citizen Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Civics, 14 (2), 166-175.

Suwitri, S. (2007). Pemberantasan Korupsi Di Indonesia: Sebuah Upaya Reformasi Birokrasi. JIAKP, Vol. 4, No. 1: 23-41

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.12336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Moh Wahyu Kurniawan, Rose Fitria Lutfiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

   

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.