PEMBENTUKAN KARAKTER PADA SISWA DI SEKOLAH BERASRAMA DALAM MENGHADAPI MASALAH SOSIAL

Zainul Mustofa, Rini Setiyowati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembentukan karakter pada siswa yang bersekolah di sekolah berasrama. Karakter menentukan individu dalam bersikap ketika menghadapi konflik. Manifestasi karakter yang paling fundamental muncul bila seseorang dihadapkan pada permasalahan yang cenderung merugikan mereka. Sekolah sebagai lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam menemukan potensi baik dan mengembangkannya agar menjadi karakter dalam diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian survei dilakukan untuk memetakan sejumlah 156 siswa di SMK Al Munawwariyyah. Hasil survei menunjukkan bahwa Sebagian besar siswa memiliki karakter pantang menyerah 66.7%, lapang dada 87.8%, inovatif 73.7%, disiplin 80.6%, bertekad kuad 60.9%, demokratis 78.2%, peduli 97.4%, tanggungjawab 83.3%, dan bersahabat 85,9%. Sebagai upaya dalam pembentukan karakter sekolah perlu meningkatkan program ekstrakurikuler untuk mengasah karakter siswa agar semakin baik saat terjun dalam masyarakat.

Kata Kunci : karakter, masalah sosial, sekolah berasrama

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to analyze the character building of students who attend boarding schools. Character determines the individual's attitude when facing conflict. The most fundamental manifestation of character appears when a person is faced with problems that tend to harm them. School as an educational institution has an important role in finding good potential and developing it so that it becomes a character in students. This research is a survey research with a quantitative approach. The survey research was conducted to map a number of 156 students at SMK Al Munawwariyyah. The survey results showed that most of the students had an unyielding character of 66.7%, roomy 87.8%, innovative 73.7%, discipline 80.6%, determined to quadruple 60.9%, democratic 78.2%, caring 97.4%, responsibility 83.3%, and friendly 85.9% . As an effort in shaping school character, it is necessary to improve extracurricular programs to hone student character so that it is better when they are involved in society.

Keywords: character, social problems, boarding school


Keywords


karakter, masalah sosial, sekolah berasrama

Full Text:

PDF

References


Faradiba, A. T., & Royanto, L. R. M. (2018). Karakter Disiplin , Penghargaan , dan Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Sains Psikologi, 7(1), 93–98.

Hartini, S. (2018). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru Di MTs Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(2), 38–59. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i2.836

Idrus, M. (2012). Pendidikan Karakter Pada Keluarga Jawa. Jurnal Pendidikan Karakter, (2), 118–130. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1297

Lalo, K. (2018). Menciptakan Generasi Milenial Berkarakter dengan Pendidikan Karakter guna Menyongsong Era Globalisasi. Ilmu Kepolisian, 12(2), 68–75.

Marjohan, M., & Afniyanti, R. (2018). Penerapan Nilai Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 111–126. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6767

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1), 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615

Mulyani, E. C. T. (2017). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam ( Implementation of Character Education Policy. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 2(VI), 103–111.

Prasetyo, A. R. (2020). Implementation of Character Education Policy in MTs Muhammadiyah Al Manar Demak Regency Arif Rahman Prasetyo. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 31, 83–102.

Sidiq, M. A. H., & Fausiyah, R. (2015). Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Bidayatuna, 3(2), 54–67. Retrieved from http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Sumardi, K. (2013). Potret Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Salafiah. Jurnal Pendidikan Karakter, 0(3). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.1246

Sumiyati. (2012). Menumbuhkan Karakter Bekerja Keras Dan Pantang Menyerah Pada Siswa Kelas Xii Ips Sman 1. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, (November), 978–979. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Suradi, S. (2017). Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(4), 522. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i4.104

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Zuhriy, M. S. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 287. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.159




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.12479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zainul Mustofa, Rini Setiyowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

   

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.