MODEL DAN STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI DI SEKOLAH DASAR

Dayu Rika Perdana, Muhammad Mona Adha, Nur Ardiansyah

Abstract


Perkembangan zaman yang semakin modern, membawa pengaruh positif sekaligus negatif terhadap generasi muda Indonesia. Hal yang menjadi pusat perhatian saat ini, tentu mengarah kepada dampak negatif perkembangan zaman. Dampak yang dapat dilihat secara nyata di lapangan, seperti pergaulan bebas remaja, narkoba, dan tawuran antar pesertta didik. Sehingga, untuk meminimalisir dampak yang lebih besar lagi, upaya yang paling tepat terletak pada pendidikan. Dunia pendidikan, menjadi salah satu pondasi yang kuat untuk memfilter hal-hal yang diluar dari norma kehidupan yang ada di masyarakat Indonesia. Karena dengan pendidikan, peserta didik diajarkan mengenai nilai-nilai yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan di kehidupan. Artikel ini bertujuan untuk mengukuhkan bagaimana model dan strategi penanaman nilai-nilai anti dapat dilaksanakan di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Hasil dari artikel ini membahas mengenai pengertian korupsi, ciri-ciri korupsi, jenis-jenis korupsi, motif korupsi, pendidikan anti korupsi di tingkat sekolah, model penanaman nilai-nilai anti korupsi disekolah, dan strategi atau metode penanaman nilai-nilai anti korupsi di sekolah. Sementara, rekomendasi artikel ini dapat menyasar kepada pendidik dan peserta didik itu sendiri, pendidik sebagai fasilitator dan motivator sedangkan peserta didik sebagai penerima fasilitas dan motivasi.


Keywords


Anti Korupsi, Model dan Strategi, Penanaman Nilai-nilai, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Adha, M. M. (2010). Model Project Citizen untuk Meningkatkan Kecakapan Warga Negara Pada Konsep Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat. Jurnal Kultur Demokrasi, 1 (8): 44-52.

Adha, M. M., Ulpa, E. P., Johnstone, J. M., & Cook, B. L. (2019). Pendidikan Moral pada Aktivitas Kesukarelaan Warga Negara Muda (Koherensi Sikap Kepedulian dan Kerjasama Individu). Journal of Moral and Civic Education, 3 (1), 28-37.

Atmadja, A. T., & Atmadja, Nengah. B. (2019). Sosiologi Korupsi: Kajian Multiperspektif, Integralistik, dan Pencegahannya. Jakarta: Kencana.

Darmadi. (2018). Mendidik Adalah Cinta. Surakarta: CV. Kekata Group.

Faradila, A. H., Holilulloh., & Adha, M. M. (2014). Pengaruh Pemahaman Ideologi Pancasila Terhadap Sikap Moral Dalam Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Kultur Demokrasi, 2 (7).

Fatarina, N., Holilulloh., & Adha, M. M. (2014). Pengaruh Penerapan Budaya Demokrasi Di Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Civic Skills. Jurnal Kultur Demokrasi, 2 (4).

Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Imron, Ilmawati F., & Aka, Kukuh A. (2018). Fenomena Sosial. Banyuwangi: LPPM IAI Ibrahim.

Karianga, Hendra. (2017). Carut-Marut Pengelolaan Keuangan Daerah di Era Otonomi Daerah: Perspektif Hukum dan Politik. Depok: Kencana.

Karyanti, Tri. dkk. (2019). Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Multimedia (Untuk Perguruan Tinggi). Yogyakarta: Deepublish.

Maharso & Sujarwadi, Tomy. (2018). Fenomena Korupsi Dari Sudut Pandang Epidemiologi. Yogyakarta: Deepublish.

Nugraheni, Hermien. dkk. (2017). Mahasiswa Pelopor Gerakan Antikorupsi. Yogyakarta: Deepublish.

Parulian Simarmata, H. M. dkk. (2020). Pengantar Pendidikan Anti Korupsi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Rahmat. (2017). Pendidikan Agama Islam Multidisipliner: Telaah Teori dan Praktik Pengembangan PAI di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Yogyakarta: LKiS.

Rosikah, C. D & Listianingsih, D. M. (2019). Pendidikan Antikorupsi: Kajian Antikorupsi Teori dan Praktik. Jakarta: Sinar Grafika.

Saputra, E., Suntoro, I., & Adha, M. M. (2014). Pengaruh Penguasaan Konsep Diri dan Penegakan Peraturan terhadap Tingkat Kedisiplinan. Jurnal Kultur Demokrasi, 2 (8).

Saputro, D. W., Pitoewas, B., & Adha, M. M. 2013. Pengaruh Pendidikan Nilai dalam Keluarga Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 1 (9).

Sakinah, Nuruz., & Bakhtiar, Nurhasanah. (2019). Model Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah Dasar dalam Mewujudkan Generasi yang Bersih dan Berintegritas Sejak Dini. Journal of Primary Education, 2, 39-49.

Sudarmanto, Eko. dkk. (2020). Pendidikan Anti Korupsi: Berani Jujur. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Suganda, Tarkus. dkk. (2019). Membangun Gerakan Antikorupsi. Bogor: IPB PRESS.

Sukiyat. (2020). Teori & Praktik Pendidikan Anti Korupsi. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.

Syahroni. dkk. (2018). Korupsi, Bukan Budaya Tetapi Penyakit. Yogyakarta: Deepublish.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 Tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Yusuf, Muri., A. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Wagiyah, W., Holilulloh., & Adha, M. M. (2014). Pengaruh Sanksi Tilang Bagi Pelanggar terhadap Kedisiplinan dalam Berlalu Lintas. Jurnal Kultur Demokrasi, 2 (7).

Widyastono, Herry. (2013). Strategi Impelementasi Pendidikan Anti Korupsi di Sekolah. Jurnal Teknodik, 17 (02), 194-208.




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.13529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dayu Rika Perdana, Muhammad Mona Adha, Nur Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

   

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.