PENANAMAN NILAI KARAKTER MELALUI MATA PELAJARAN PPKN PADA SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Jeni Firda, Jaenam Jaenam, Asril Asril

Abstract


Abstract

This research is motivated by several problems, including: The teacher's strategy in inculcating character values. Teacher constraints in planting character values. Solutions in overcoming obstacles in planting character values. The formulation of the problem in this study is how the teacher's strategy in instilling character values, what are the teacher's obstacles in instilling character values, what are the solutions in overcoming obstacles in instilling character values. This study aims to analyze the teacher's strategy in instilling character values, and discuss the teacher's obstacles in instilling character values and discuss what solutions to overcome the obstacles in inculcating character values during the covid-19 pandemic through PPKn subjects at SMAN 1 Gunung Talang, Solok Regency.The research method used is qualitative with descriptive approach which produces descriptive data in the form of written or spoken words from people and observed behavior at the research location of SMAN 1 Gunung Talang, Solok district. With the technique of Observation, Interview by seeking complete and in-depth information and Documentation Study.The results of this study show the teacher's strategy in instilling character values in learning using lesson plans and a scientific approach in the form of a lecture method by inculcating the values of Religion, Honesty, Discipline, Responsibility, while the teacher's obstacles in inculcating character values are not found the right method in teaching because during the pandemic reduced learning time, and solutions to overcome obstacles in instilling character values using other, more varied media such as videos.

Keywords: value, character, civic education, pandemic, covid 19


Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan antara lain: Strategi guru dalam penanaman nilai karakter. Kendala guru dalam penanaman nilai karakter. Solusi dalam mengatasi kendala dalam penanaman nilai karakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai karakter, apa saja kendala guru dalam menanamkan nilai karakter, apa solusi dalam mengatasi kendala dalam penanaman nilai karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam penanaman nilai karakter, dan membahas kendala guru dalam menanamkan nilai karakter serta membahas solusi apa untuk mengatasi kendala dalam penanaman nilai karakter selama pandemi covid-19 melalui mata pelajaran PPKn di SMAN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati lokasi penelitian SMAN 1 Gunung Talang kabupaten Solok. Dengan teknik Observasi, Wawancara dengan mencari informasi secara lengkap dan mendalam serta Studi Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Strategi guru dalam penanaman nilai karakter dala pembelajaran menggunakan RPP serta pendekatan saintifik berupa metode ceramah dengan cara penanaman nilai Religius, Kejujuran, Kedisiplinan, Tanggung jawab, sedangkan kendala guru dalam penanaman nilai karakter tidak ditemukan metode yang tepat dalam mengajar dikarenakan selama pandemi waktu pembelajaran dikurangi, dan solusi dalam mengatasi kendala dalam menanamkan nilai karakter menggunakan media lain yang lebih variatif seperti video.

Kata kunci: nilai, karakter, PKn, pandemi, covid 19


Full Text:

PDF

References


Bully, S. 2020. Penanaman Nilai Karakter Disiplin Siswa Oleh Guru Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sma Negeri 1 Wewewa Selatan. Gatranusantara, 18(1), 1–10.

Dianti, P. 2014. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 58–68.

Elly, R., & Aini, N. 2016. Penanaman Nilai-Nilai Moral Pada Siswa Di Sd Negeri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD KKIP Unsyiah, 1, 68–77.

Juliardi, Budi. 2014. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Gestiani Yuli. (2019). Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa Melalui Mata Pelajaran Sejarah di SMA N 1 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan.Skripsi. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Hartini, S. 2018. Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua dan Guru Di Mts Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYA: Journaln Of Basic Education, 2(2), 38-59.

Haryanto, Tofik. M. (2011). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas VII SMP NEGERI 1 Kejobong Purbalingga (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kurniawan Syamsul, 2016. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muslich. Masnur 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Manun. 2018. Penanaman nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran PKn pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Pujut Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Ilmu Sosial Dan Pendidikan,2(1), 10–27.

Moleong. 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Milles & Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Nurmalisa, Y., & Mentari, A. 2020. Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Bhineka Tunggal Ika, 07(1), 34–46.

Syaparuddin, S., & Elihami, E. 2017. Peningkatan Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Kecerdasan Spiritual (Sq) Siswa Sekolah Dasar Sd Negeri 4 Bilokka Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Diri Dalam Proses Pembelajaran Pkn.Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–19.

Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wuryadani, W, Maftuh, B., S & Budimansyah, D. 2014. Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286-295




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v8i2.15259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jeni Firda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

   

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.