• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN | Rispawati | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

    Rispawati Rispawati, Ahmad Fauzan, Muhamad Salam, Dahlan Dahlan

    Abstract


    Abstract
    This study aims to internalize civics education courses to the application of character values for students in the Civics Study Program. To improve the quality of education in Indonesia, it becomes a demand to be able to make important contributions in the field of education, one of which is to produce qualified, competitive, professional, innovative and good character educator candidates for the nation's future. The method in this research is qualitative with a descriptive approach. Data collection techniques by means of observation, interviews, and documentation. The results of this study show that applying the character values of students through civic education courses, namely (religious) has obedient behavior to the teachings of the religion they adhere to, (honest) behavior that seeks to make themselves as a person who can always be trusted, (disciplined) shows behavior orderly and obedient to various provisions and rules, (hard work) showing genuine efforts in overcoming various learning and task barriers, (creative) finding good thinking patterns that produce something new, (independent) attitudes and behaviors that are not easily dependent on other people, (democratic) ways of thinking, and making decisions that are always judged on the basis of common interests.

    Keywords: Internalization, Civics, Values, Character, Students



    Abstrak

    Penelitian ini bertujuan menginternalisasikan mata kuliah pendidikan kewarganegaraan terhadap aplikasi nilai-nilai karakter mahasiswa program studi PPKn. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, menjadi sebuah tuntutan untuk dapat memberikan kontribusi-kontribusi penting dibidang pendidikan, salah satunya adalah dengan menghasilkan para calon pendidik yang  berkualitas, kompetitif, profesional,  inovatif dan memiliki karakter yang baik bagi penerus bangsa nantinya. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriftif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan megaplikasikan nilai-nilai karakter mahasiswa melalui mata kuliah pendidikan kewarganegaraan yaitu (religius) memiliki prilaku yang patuh terhadap ajaran agama yang dianutnya, (jujur) prilaku yang diupaya menjadikan dirinya sebagi orang yang selalu dapat di percaya, (disiplin) menunjukan prilaku tertib dan patuh berbagai ketentuan dan aturan, (kerja keras) menunjukan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, (kreatif) menemukan pola berpikir secara baik yang menghasilkan sesuatu yang baru, (mandiri) sikap dan prilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain, (demokrasi) cara berpikir, dan memberikan keputusan  yang selalu menilai dengan atas dasar kepentingan bersama.

    Kata Kunci : Internalisasi, PKn, Nilai, Karakter, Mahasiswa


    Keywords


    Internalisasi, PKn, Nilai, Karakter,

    Full Text:

    PDF

    References


    Ali, Mohammad. 1984. Metodelogi Penelitian. Bandung: Angkasa

    Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineke Cipta.

    Cholisin. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta. LKS.

    Depdiknas. Pemendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah. Jakarta : Depdiknas.

    Departemen pendidikan nasional. 2005. Guru dan Dosen (Undang-Undang RI No 14 tahun 2005). Jakarta.

    Depdiknas. 2003. UU No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara

    Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2006. Perkembangan PKn Pasca KBK dan Praktik Pembelajarannya. Depdiknas.

    Fajar, Arnie. 2005. Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

    Fauzan, A., Kurniawansyah, E., & Salam, M. (2021). Pengembangan buku revitalisasi dan reaktualisasi pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menghadapi tantangan globalisasi. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.36412/ce.v4i2.2373

    Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung : Alfabeta.

    Hadi, Sutrisno. 1986. Metodologi Research. Fakultas Psikologi UGM. Yogyakarta. 434 Halaman.

    Iman, Slamet Santoso. 2007. Pembinaan Watak Tugas Utama Pendidikan. Jakarta: UI-Press.

    Iskandar, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Cet 2. Jakarta: Gaung Persada Pers.

    Koesoema, Doni A. 2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta : KANISIUS.

    Nazir, Mohammad. 1999. Metode Penelitian . Jakarta : Ghalia Indonesia.

    Numan, Somantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

    Octa, Merli Rozuli. 2011. Peranan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Budaya Bangsa Peserta Didik Di Era Globalisasi Pada SMP N 21 Bandar Lampung Tahun 2011/2012. Univesitas Lampung.

    Pusat Kurikulum Depdiknas. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas

    Rohmat, Mulyana. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

    Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

    Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

    Syukri, 2009. Peran Pendidikan di Perguruan Tinggi terhadap Perubahan Perilaku Kaum Intelektual (sosial-Individu). Jurnal Ilmiah Kreatif. vol 6 no 1, hal 1-15.

    Sumarsono, S. dkk. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

    Winataputra, Udin S. dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v9i1.15517

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Ahmad Fauzan

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.