• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PEMBENTUKAN MORAL ANAK USIA REMAJA | Afni | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PEMBENTUKAN MORAL ANAK USIA REMAJA

    Delvi Nur Afni, Ahmad Eddison, Supentri Supentri

    Abstract


    Abstract

    This study aims to determine what parenting style is most dominantly applied in the Ar-Rahim orphanage in Pekanbaru city and is there any effect of parenting on the moral formation of adolescent children in the Ar-Rahim orphanage in Pekanbaru city. This type of research uses quantitative descriptive analysis and data collection techniques using questionnaires, interviews and documentation. The population is all foster children in the Ar-Rahim Orphanage in Pekanbaru city, totaling 45 people. While the sample was determined based on the number of foster children aged 20 people. The collection of samples using a total sampling technique. Test the hypothesis by using multiple linear regression using SPSS version 16.0 application with a significance level of ? = .05. Based on the results of the study, it is known that the most dominant parenting pattern applied in the Ar-Rahim orphanage in Pekanbaru city is democratic parenting, seen from the results of the Standardized Coefficients Beta which is owned by the democratic parenting style variable which is greater than the other variables. Then the results of hypothesis testing using Multiple Linear Regression Test obtained that there is a significant effect of parenting patterns on the moral formation of adolescents at the Ar-Rahim Orphanage, Pekanbaru City, as evidenced by the results of the F test based on the Anova table through SPSS the Ftable value is 3.20 while the Fcount is 13,547. So in this case Fcount is greater than Ftable.

    Keywords: Influence, Parenting, Moral Formation, Adolescents


    Abstrak

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh apakah yang paling dominan diterpakan di panti asuhan Ar-Rahim kota Pekanbaru dan adakah pengaruh pola asuh terhadap pembentukan moral anak usia remaja di panti asuhan Ar-Rahim kota Pekanbaru. Jenis penelitian dengan  menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi adalah seluruh anak asuh di panti asuhan Ar-Rahim kota Pekanbaru yang berjumlah 45 orang. Sedangkan sampel ditentukan berdasarkan jumlah anak asuh usia remaja sebanyak 20 orang. Pengumpulan sampel menggunakan teknik total sampling. Uji hipotesis dengan menggunakan uji regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS versi 16.0 dengan taraf signifikansi ? = .05. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pola asuh yang paling dominan diterapkan di panti asuhan Ar-Rahim kota Pekanbaru adalah pola asuh demokratis, dilihat dari hasil Standardized Coefficients Beta yang dimiliki oleh variabel pola asuh demokratis lebih besar dari pada variabel lainnya. Kemudian hasil uji hipotesis menggunakan Uji Regresi Linier Berganda diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua terhadap pembentukan moral remaja di Panti Asuhan Ar-Rahim Kota Pekanbaru, dibuktikan dari hasil uji F berdasarkan tabel Anova melalui SPSS nilai Ftabelnya adalah 3,20 sedangkan Fhitungnya adalah 13.547. Sehingga dalamhal ini Fhitung lebih besar dari Ftabel.

    Kata kunci: Pengaruh, Pola Asuh, Pembentukan Moral, Anak Usia Remaja


    Keywords


    pola asuh, moral, anak, remaja

    Full Text:

    PDF

    References


    Agus Santoso, S. U. (2015). Konseling Panti Asuhan Dalam Mengatasi Penyimpangan Perilaku Anak Di Panti Asuhan AL-jihad Surabaya. 5(2), 120–129

    Amaliyah, N., & Prihastuti. (2014). Perbedaan self-esteem remaja Panti Asuhan di Surabaya ditinjau dari persepsinya terhadap Pola Asuh. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 3(3), 140–145

    Azzet, Akhamd Muhaimin. (2013). Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak. Jogjakarta: PT. Kata Hati

    Idris, M. H (2012). Pola Asuh Anak. Jakarta: PT. Luxima

    Kurnia, Novrita., dkk. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika. 4(1), 49-59

    Diananda, Amita. (2018). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Jurnal Istighna. 1(1), 116-133

    Febriana. (2014). Perbedaan Capaian Perkembangan Sosial Antara Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan Dan Remaja Yang Tinggal Bersama Orang Tua Di Mts Taqwal Ilah Semarang. Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 41–45

    Hidayah, T. (2015). Pelaksanaan Pembinaan Akhlak Di Panti Asuhan Yatim Puteri Aisyiyah Cabang Kotta Barat Manahan Banjarmasin Surakarta Tahun 2015-2016

    Lestari. (2013). Peranan Panti Asuhan dalam Membina Moral Anak Asuh di Panti Asuhan Roudlatul Jannah Selopuro Blitar, 2(3), 1–12

    Mannan, A. (2017). Pembinaan Moral Dalam Membentuk. Jurnal Aqidah-Ta, 3(1), 59–72

    Ningrum, N. A. (2013). Hubungan Antara Coping Strategi dengan Kenakalan pada Remaja Awal. Jurnal Psikologi, 2(1), 481–489

    Pertiwi, Septi. (2014). Pola Pengasuhan Untuk Mengembangkan Karakter Anak (Studi Kasus Di Yayasan Tunas Rajawali Kota Semarang). Journal Of Non Formal Education And Community Empowerment (NFECE). 3(1), 17-29

    Rifai, N. (2015). Penyesuaina Diri Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan (Studi Kasus Pada Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan Yatim Piatu Muhammadiyah Klaten)

    Rusmaniah. (2017). Pembinaan Moral Remaja Putus Sekolah. 3(4), 227–241

    Sarmini, Y. S. dan. (2013). Strategi Pembentukan Karakter Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Surabaya. 1(1), 272–287

    Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

    Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

    Syukur, Abdul. (2015). Peran Pengasuh Membentuk Sikap Sosio Emosional Anak. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo. 2(1), 1-75

    Yahya Sulthoni. (2013). Strategi Pembentukan Karakter Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Wiyung Surabaya. Jurnal Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. 1(1), 34-42

    Yustina, Jemimut. (2019). Peranan Orang Tua Asuh Dalam Pembinaan Moral Anak Usia Remaja Di Panti Asuhan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Dosen. 3(2), 102-105

    Wahidah, R. (2017). Peran Orang Tua Asuh Dalam Mendidik Akhlak Remaja. Lampung. 2(1), 33-41




    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v9i1.15743

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2022 Delvi Nur Afni, Ahmad Eddison, Supentri Supentri

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.