PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUNDA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Iyep Candra Hermawan, Aan Hasanah

Abstract


ABSTRACT

This research reveals the values of character education based on Sundanese Local Wisdom (KLS) in relation to Core Competencies (KI) in learning Pancasila and Citizenship Education (PPKn) in Junior High Schools. Character values become a reference in the world of education and must be applied in schools. In KLS, there are several character values that are revealed in 'paribasa or babasan' which is a treasure for the life of the Sundanese. These character values are relevant to those formulated by the Ministry of National Education as many as 18 character values. Meanwhile, the character values in Civics learning are as reflected in the KI formulation in elementary education for grades VII-IX. Based on the results of the analysis, it can be revealed that there is a significant relevance of SEA-based character values with character values in KI and those formulated by the Ministry of National Education. Of the 42 'paribasa' KLS character values, it can be classified into 12 character values that are relevant to the KI formulation. The KLS character values become enrichment materials in Civics learning in Junior High Schools.

Keywords: Character education, Sundanese, local wisdom, core competence

 

Abstrak

Penelitian ini mengungkapkan tentang nilai-nilai pendidikan karakter berbasis Kearifan Lokal Sunda (KLS) dalam hubungannya dengan Kompetensi Inti (KI) dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Sekolah Menengah Pertama. Nilai-nilai karakter menjadi acuan dalam dunia pendidikan dan harus diterapkan dalam persekolahan. Dalam KLS memiliki beberapa nilai karakter yang terungkap pada ‘paribasa atau babasan’ yang menjadi khasanah bagi kehidupan orang Sunda. Nilai-nilai karakter tersebut relevan dengan yang dirumuskan oleh Kementerian Pendidikan Nasional sebanyak 18 nilai karakter. Sedangkan nilai-nilai karakter pada pembelajaran PPKn sebagaimana tercermin dalam rumusan KI pada pendidikan dasar kelas VII-IX. Berdasarkan hasil analisis dapat diungkapkan bahwa terdapatnya relevansi yang signifikan nilai-nilai karakter berbasis KLS dengan nilai-nilai karakter dalam KI serta yang dirumuskan oleh Kemendiknas. Dari sebanyak nilai karakter KLS 42 ‘paribasa’, maka dapat diklasifikasikan pada 12 nilai karakter yang relevan dengan rumusan KI. Nilai-nilai karakter KLS menjadi bahan pengayaan dalam pembelajaran PPKn di Sekolah Menengah Pertama.

Kata Kunci: Pendidikan karakter, Kearifan lokal, Sunda, Kompetensi inti


Keywords


pendidikan, karakter, kearifan lokal, sunda

Full Text:

PDF

References


Affandy, S. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(2), 192–207. https://doi.org/10.15575/ath.v2i2.3391

Ekajati, E. S. (1995). Nusa, Bangsa, dan Bahasa. FS UNPAD & Yayasan Pustaka Wina.

Fajrussalam, H., & Hasanah, A. (2018). Core Ethical Values of Character Education Based on Sundanese Culture Value. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 1(3), 15–22. https://doi.org/10.31764/ijeca.v1i3.2126.

Hasanah, Gustini, Rohaniawati. 2016. Cultivating Character Education Based On Sundanese Culture Local Wisdom. Jurnal jpi, Vol. 2, No. 2, June 2016 M/1437 H. DOI: http://dx.doi.org/10.15575/jpi.v2i2.788.

Hermawan, Iwan. 2012. Kearifan Lokal Sunda Dalam Pendidikan. Jurnal Widyariset, Vol. 15 No.1, April 2012.

Kembara, M. D., A, R. W., Rozak, Hadian, V. A., Nugraha, D. M., Islami, M. Ri. F., & Parhan, M. (2021). Etnisitas dan Kearifan Lokal: Penerapan Nilai-Nilai Budaya Sunda dalam Pembentukan Karakter Generasi Milenial. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 9(1), 1–17.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2011). Pendidikan karakter: kajian teori dan praktik di sekolah. Remaja Rosdakarya.

Kodariah, Siti & Gunardi, Gugun. (2015) Nilai Kearifan Lokal Dalam Peribahasa Sunda: Kajian Semiotika. Jurnal Patanjala Vol. 7 No. 1 Maret 2015: 113 - 130.

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Refika Aditama.

Majid, A., Wardan, A. S., & Andayani, D. (2011). Pendidikan karakter perspektif Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Megawangi, R. (2004). Pendidikan karakter solusi yang tepat untuk membangun bangsa. Indonesia Heritage Foundation.

Purwanti, M. I., & Sapriya. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sunda Dalam Pembelajaran PKN Sebagai Penguat Karakter Siswa. JPIS ; Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 39–52. mettypurwanti.iboabo@gmail.com

Ruhilah. (2015). Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sunda dan Jepang: Sebuah Kajian Perbandingan. UPI bekerja sama dengan Nanzan University.

Saleh, F., Soejadi, & Lasiyo. (2013). Makna “SILAS” Menurut Kearifan Budaya Sunda Perspektif Filsafat Nilai: Relevansinya Bagi Pemberdayaan Masyarakat Miskin. Sosiohumaniora, 15(2), 178–193.

Sudaryat, Yayat. (2015). Wawasan Kesundaan. Bandung: FPBS-UPI.

Sudrayat. (2003). Élmuning Basa. Bandung: Wahana Luang.

Sukmayadi, T. (2016). Kajian Tentang Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Jurnal Civics, 13(1), 96–112.

Sumardjo, J. (2018). Revitalisasi Kearifan Lokal Sunda. Jurnal Budaya Nusantara, 1(2), 106–116. https://doi.org/10.36456/b.nusantara.vol1.no2.a1572

Suryani, E. (2010). Ragam Pesona Budaya Sunda. Bandung: UPI Press.

Sutarman, Usep. 2017. Penerapan Konsep Kearifan Lokal Masyarakat Sunda Dalam Pembelajaran Sejarah. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol. I, No. 1 (Oktober 2017).

Suyatno, Suyono. 2011. Revitalisasi Kearifan Lokal Sebagai Identitas Bangsa Di Tengah Perubahan Nilai Sosiokultural. Jurnal METASASTRA , Vol. 4 No. 1, Juni 2011: 82—89.

Tamsyah, B. R. (1998). 1000 Babasan jeung Paribasa Sunda. Pustaka Setia.

Thomas Lickona. (2012). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab. Bumi Aksara.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v8i2.15746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Iyep Candra Hermawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.