PENDIDIKAN POLITIK GENERASI Z DI ERA DISTRUPSI

Rini Setiyowati, Alfiandra Alfiandra, Edwin Nurdiansyah

Abstract


The younger generation is aware that politics is an investment for the development of a nation in the future. This is because the younger generation is the spearhead of change in a nation. Today, the development of the times has led us to an era of disruption in which all changes occur erratically in all basic aspects of life, so that they cannot predict future political developments. This study aims to describe political education that is in accordance with the characteristics of generation Z in the midst of the era of disruption to create political awareness in generation Z. The research approach used is qualitative with descriptive methods. The results of this study indicate that generation Z is a critical generation and has high adaptability but related to politics cannot use conventional methods to be able to teach about political education to generation Z in this era of disruption. The approach taken must be based on technology that is close to their daily lives, especially by developing content on social media in addition to conventional education. This is to attract the interest of Generation Z to the world of politics so that they can continue the nation's leadership relay in the future.

Keywords: Political Education, Generation Z, Era of Disruption


Generasi muda sadar politik merupakan investasi bagi perkembangan suatu bangsa di masa depan. Hal ini dikarenakan generasi muda merupakan ujung tombak perubahan suatu bangsa. Dewasa ini perkembangan zaman mengantarkan kita pada era distrubsi dimana segala perubahan terjadi tidak menentu dalam semua aspek kehidupan yang mendasar, sehingga tidak dapat memprediksi perkembangan politik masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pendidikan politik yang sesuai dengan karakteristik generasi Z di tengah era distrubsi untuk mewujudkan kesadaran politik pada generasi Z. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode diskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa generasi Z merupakan generasi yang kritis dan memiliki daya adaptasi yang tinggi namun terkait dengan hal politik tidak bisa menggunakan cara-cara konvensional untuk dapat membelajarkan tentang pendidikan politik pada generasi Z di era distrupsi ini. Pendeketan yang dilakukan harus berbasis teknologi yang dekat dengan keseharian mereka dapat terlebih dengan mengembangkan konten-konten di media sosial selain dengan pendidikan secara konvensional. Hal ini untuk menarik ketertarikan generasi Z terhadap dunia politik sehingga dapat meneruskan estafet kepemimpinan bangsa dimasa depan.

Katakunci: Pendidikan Politik, Generasi Z, Era Distrupsi


Keywords


Pendidikan Politik, Generasi Z, Era Distrupsi

Full Text:

PDF

References


Setiajid. (2011). Orientasi Politik yang Memengaruhi Orientasi Pemilih Pemula dalam Menggunakan Hak Pilihnya pada Pemilihan Walikota Semarang Tahun 2010. Integralistik, XXII(1), 18–33

Surbakti, R. (2007). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Grasindo

Asyari. (2017). Menakar Kesadaran Politik Kaum Santri dalam Dinamika Politik.

Fenomena., 16(1), 99–118

Print, M., & Lange, D. (Eds.). (2012). Schools, Curriculum and Civic Education for Building Democratic Citizens. Rotterdam: Sense Publishers.

Nihayah, S., & Adi, A. S. (2014). Penanaman Nasionalisme pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Bojonegoro di Tengah Arus Globalisasi. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 03(02), 829–845

Winar (2014). Seri Pendidikan Politik Buku 1 Pancasila & UUD NRI 1945. Yogyakarta: Ombak

Handitya, B. (2018). Peran Pendidikan dalam membangun moral bangsa di era disrupsi. Universitas Ngudiwaluyo. Seminar Nasional PKn UNNES

Kantaprawira, R. (2006). Sistem Politik Indonesia, Suatu Model Pengantar: Edisi Revisi. Sinar Baru Algensindo. Bandung.

Pasaribu, P., (2017). Peranan Partai Politik dalam Melaksanakan Pendidikan Politik. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, 5 (1): 51-59

Sitepu, P. A. (2012). Teori-teori Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kharisma, D. (2015). Peran Pendidikan Politik terhadap Partisipasi Politik Pemilih Muda. Jurnal Politico 1(7): 1-15

Marbun, B.N. (2005). Kamus Politik. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v9i1.17687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rini Setiyowati, Alfiandra Alfiandra, Edwin Nurdiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :


View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.