PENDIDIKAN PEMILIH UNTUK PEMILIH PEMULA MELALUI PEMBELAJARAN PPKn DI PERSEKOLAHAN
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan pemilih bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang program, tahapan, jadwal, proses,makna serta pentingnya pemilihan umum di dalam negara demokrasi Indonesia. Artikel ini menggunakan metode literature review dalam menganalisis masalah dan mencarikan solusinya melalui analisis teori dan hasil penelitian mengenai permasalahan terkait. Selama ini pendidikan pemilih untuk segmen pemilih pemula cenderung dilakukan hanya menjelang pemilu (tidak berkesinambungan) dan kurang memberdayakan guru pendidikan kewarganegaraan (PKn) di sekolah padahal materi kepemiluan merupakan bagian integral dari PKn. Solusi atas permasalahan tersebut dapat diurai sebagai berikut (1) membangun Sinergitas antara MGMP PKn dengan penyelenggara pemilu di daerah melalui pengintegrasian materi kepemiluan dalam perangkat pembelajaran PKn; (2) pembentukan komunitas pemilih cerdas di sekolah; (3) Pembuatan buku saku kepemiluan untuk peserta didik sebagai pemilih pemula dan menggunakan media pembelajaran kepemiluan yang edukatif; (4) Menggunakan budaya/kearifan lokal dalam penyampaian pesan nilai-nilai kepemiluan sehingga menarik dan mudah dipahami
ABSTRACT
Voter education aims to increase knowledge and understanding of the program, stages, schedule, process, meaning and importance of elections in Indonesia's democracy. This article uses the literature review method in analyzing problems and finding solutions through theoretical analysis and research results on related problems.. So far, voter education for the novice voter segment tends to be carried out only before the election (not sustainable) and does not empower civic education (PKn) teachers in schools even though electoral material is an integral part of Civics. Solutions to these problems can be described as follows: (1) building synergy between PKn MGMP and regional election administrators through integrating electoral materials into Civics learning tools; (2) the formation of a smart voter community in schools; (3) Making an electoral pocket book for students as novice voters and using educational election learning media; (4) Using local culture/wisdom in delivering messages of electoral values so that they are interesting and easy to understand
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bakti, A. F. (Eds). (2012). Literasi Politik dan Konsolidasi Demokrasi. Churia:Jakarta.
Budiardjo, M. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Gramedia Pustaka: Jakarta
Hasbullah. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Kependidikan. Jakarta: Gramedia.
Komisi Pemilihan Umum. (2010). Modul 1: pemilu untuk pemula, cet. Pertama. Komisi Pemilihan Umum: Jakarta.
Komisi Pemilihan Umum Kota Padang. (2012). Modul Kelas Pemilu.
Sunatra. (2016). Pendidikan politik kewarganegaraan. Bandung: Lekkas
Wahab, A. A dan Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung:Alfabeta.
Artikel jurnal
Aprilia, C. R., & Azmi, A. (2021). Sosialisasi Pemilu Tahun 2019 Terhadap Pemilih Pemula oleh KPU Kabupaten Solok Selatan. Journal of Civic Education, 4(1), 32–38. https://doi.org/10.24036/jce.v4i1.439
Casmi Arrsa, R. (2014). Pemilu Serentak dan Masa Depan Konsolidasi Demokrasi. Jurnal Konstitusi, 11(3), 169. http://www.ppotoda.orgnaskahditerima:4/8/2014revisi:18/8/2014disetujui:29/8/2014
Hambali, H., Hariyanti, H., & Eddison, A. (2021). The model of voter education of women-based democracy volunteers. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 48–60. https://doi.org/10.21831/jc.v18i1.33224
Hariyanti. (2015). pelaksanaan pendidikan pemilih melalui kerjasama KPU Kota Padang dengan MGMP PPKn SMA/SMK kota padang. skripsi, 2013.
Hariyanti, & Hambali. (2021). Identifikasi Kendala Relawan Demokrasi Basis Perempuan sebagai Fasilitator Pendidikan Pemilih di Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. Journal of Moral and Civic Education, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.24036/8851412512020490
Hariyanti, & Sari, F. A. (2021). Election Smart House (ESH) as a Pre-Voter Political Education Facility To improve the quality of democracy. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 6(1), 1–11. https://doi.org/10.26618/jed.v6i1.3940
Iskandar, D., & Marlina, N. (2019). Pendidikan Pemilih Muda Cerdas Di Kabupaten Boyolali. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(01), 12–18. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/view/4713
Kurniadi, Y U., et al. (2020). Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ). Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420.
Le, K., & Nguyen, M. (2021). Education and political engagement. International Journal of Educational Development, 85(April), 102441. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102441
Mullins, R. D. (2016). A review of The Political Classroom: Evidence and Ethics in Democratic Education. Journal of Social Studies Research, 40(2), 165–167. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2015.06.011
Nanggala, A. (2020). Citizenship Education as a Democracy Learning for Students in Higher Education. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 69. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2067
Rafni, A., & Suryanef. (2019). Pendidikan Pemilih bagi Pemilih Pemula Melalui Rumah Pintar Pemilu. Jurnal Of Moral and Civic Education, 3(1), 1–8.
Rozuli, A. I., & Haboddin, M. (2018). Pendidikan Pemilih dan Penguatan Demokrasi. 1(2), 129–148.
Suryanef, S., & Rafni, A. (2020). First-Time Voter Education Through the Democracy Volunteer Movement. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 60–68. https://doi.org/10.24036/8851412422020499
wisnu dani prasetyo, toni harsan, P. (2019). partisipasi politik pemilih pemula dalam pemilu 201 di kelurahan sumber kecamatan banjarsari kota surakarta. CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENSE JOURNAL(CESSJ) Volume 1 Nomor 2 Bulan Desember 2019, 1, 70–93.
Yolda?, Ö. B. (2015). Civic Education and Learning Democracy: Their Importance for Political Participation of Young People. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174(286), 544–549. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.703
DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i2.19874
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 hariyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.