PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN DI DUSUN III DESA SEGAYAM KECAMATAN GELUMBANG KABUPATEN MUARA ENIM

Lusi Sundari, Alfiandra Alfiandra, Sri Artati Waluyati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi politik masyarakat berdasarkan tingkat pendidikan di Dusun III Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  partisipasi politik masyarakat di Dusun III Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim berdasarkan tingkat pendidikannya. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat mendukung teori-teori sebelumnya yang berhubungan dengan partisipasi politik masyarakat di Dusun III Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim sedangkan secara praktis semoga bermanfaat bagi perangkat desa dan masyarakat dusun III desa Segayam serta bagi peneliti sendiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, yang menjadi populasi adalah seluruh masyarakat Dusun III Desa Segayam yang sudah memiliki hak pilih yaitu berjumlah 444 orang. Sedangkan sampel adalah masyarakat Dusun III Desa Segayam yang terdiri dari empat tingkat pendidikan yaitu 15 orang tingkat Sekolah Dasar (SD), 15 orang tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), 15 orang tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 5 orang tingkat Pendidikan Tinggi. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik disproportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan kuesioner atau angket. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Anova dan uji Tukey. Dari hasil penelitian melalui uji Anova diperoleh nilai signifikan .00 < .05, artinya terdapat perbedaan partisipasi politik masyarakat diantara empat kelompok tingkat pendidikan di Dusun III Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Kemudian dilakukan uji lanjutan yaitu dengan uji Tukey, pada output Homogeneous Subsets terlihat jelas bahwa setiap tingkat pendidikan memiliki nilai yang berbeda. SD memperoleh nilai 69.40, SMP 76.93, SMA 85.33 dan Pendidikan Tinggi 101.60. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin tinggi pula partisipasi politik masyarakat di Dusun III Desa Segayam Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v1i1.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Lusi Sundari, Alfiandra Alfiandra, Sri Artati Waluyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

   

JBTI Member of :

 

View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.