IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS ICT PADA POST PANDEMIC
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengurai terkait implementasi desain pembelajaran PPKn berbasis ICT pada SMP Negeri 2 Delitua. Guna mendekatkan masalah ini dipergunakan acuan teori sarana IT dalam dunia pendidikan berperanan penting dalam mengatasi masalah-masalah keterbatasan sarana pendidikan atau sarana yang mendukung dalam proses belajar mengajar. Data-data diperoleh melalui dokumetasi, wawancara, dan observasi dengan analisis data berupa reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yaitu pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran (PPKn) di SMP Negeri 2 Delitua banyak memanfaatkan berbagai media pembelajaran seperti Powerpoint, Video Animasi, Video Film, Software Quiz berupa Quizizz, Kahoot, dan Google Form dalam wujud penerapan desain pembelajaran berbasis ICT. Guru PPKn mengatakan jika dengan media pembelajaran ini dapat memberikan kemudahan bagi guru PPkn menyampaikan materi ajar dan dapat membangun sebuah pembelajaran yang lebih menarik, Inovatif, dan kreatif.
Abstract
This article aims to describe the implementation of ICT-based Civics learning design in SMP Negeri 2 Delitua. In order to bring this problem closer, it is used as a theoretical reference for IT facilities in the world of education, which play an important role in overcoming the problems of limited educational facilities or facilities that support the teaching and learning process. The data were obtained through documentation, interviews, and observations with data analysis in the form of data reduction, data display, and drawing conclusions. The results of the research are Pancasila and Citizenship Education (PPKn) subjects at SMP Negeri 2 Delitua use a lot of learning media such as Powerpoint, Video Animation, Video Film, Quiz Software in the form of Quizizz, Kahoot, and Google Form in the form of implementing ICT-based learning designs. The Civics teacher said that with this learning media it could make it easier for Civics teachers to deliver teaching materials and could build a more interesting, innovative, and creative learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2019). Pemanfaatan Media Berbasis Ict “Kahoot” Dalam Pembelajaran Ppkn Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Pkn, 6(2), 208–216. Https://Doi.Org/10.36706/Jbti.V6i2.10118
Handitya, B. (2021). Membangun Karakter Pancasila Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pancasila, 2(2), 45–58.
Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Nomor Mei).
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (N.D.). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.
Japar, M., Fadhillah, D. N., & H.P, G. L. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakatmedia@Gmail.
Jati, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Melalui Pembelajaran Online Berbasis Quizizz. Jmp Online, 4(5), 231–240.
Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran Ips Dan Pkn Berbasis Literasi Ict (Information And Communication Technology) Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264–6270. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i6.1827
Kirani, A. P., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pedoman Dalam Menghadapi Era Society 5 . 0. 8(2), 767–773. Https://Doi.Org/10.31949/Educatio.V8i2.2391
Kurniati, T., & Wiyani, N. A. (2022). Pembelajaran Berbasis Information And Communication Technology Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 182. Https://Doi.Org/10.23887/Jipp.V6i1.41411
Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk Sd Kelas V. Jpgsd, 8(5), 893–903.
Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. Https://Doi.Org/10.17977/Um039v5i12020p061
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. In Nizmania Learning Center.
Nuswantoro, D., & Wicaksono, V. (2019). Pengembangan Media Video Animasi Powtoon Pengembangan Media Video Animasi Powtoon “ Hakan ” Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Hak Dan Kewajiban Siswa Kelas Iv Sdn Lidah Kulon Iv Surabaya. 7(4), 3161–3170.
Panuluh, G., & Zaman, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Pada Google Form Terhadap Hasil Belajar Ppkn Siswa Kelas Vii Smpn 1 Sukodono. Pacivic: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 21–30. Https://Doi.Org/10.36456/P.V1i1.4253
Sari, D. A. R. P., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 183. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V8i2.29071
Setiyowati, R., Violeta, S., Ferdiyanti, W., & ... (2021). Digitalisasi Media Pembelajaran Ppkn Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar …, 32–43. Http://Ejournal.Fkip.Unsri.Ac.Id/Index.Php/Semnaspips/Article/View/236%0ahttp://Ejournal.Fkip.Unsri.Ac.Id/Index.Php/Semnaspips/Article/Download/236/143
Susiani, K., Arnyana, I., & Suastra, I. W. (2022). Studi Perbandingan Untuk Meningkatkan Kualitas. 8(1).
Yusuf, N., & Zuriah, N. (2021). Analisis Media Nonton Film Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Ppkn. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1),19-27
DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.20218
Refbacks
Copyright (c) 2023 Junaidi Naibaho
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)
Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir
email: jbti@unsri.ac.id
ISSN ONLINE: 2614-6134 ISSN PRINT: 2355-7265
INDEXED BY:
JBTI Member of :
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.