• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI PERGURUAN TINGGI | Fatihah | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PODCAST SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI PERGURUAN TINGGI

    Husnul Fatihah, Sri Artati Waluyati

    Abstract


    ABSTRAK

    Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbentuk podcast untuk memperkuat pemahaman konsep. Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi PPKn semester tiga yang mengambil Mata Kuliah Hukum Perburuhan pada semester Ganjil 2022-2023.  Metode penelitian menggunakan metode pengembangan (Reaserch and Development) yang mengacu pada R & D dengan langkah-langkah; 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan produk dan 3) uji produk. Tahap pertama dilakukan analisis kebutuhan yang menyatakan bahwa mahasiswa menyukai pembelajaran menggunakan video apalagi berbentuk podcast. Sehingga untuk memaksimalkan pembelajaran hukum perburuhan maka diperlukan pengembangan media pembelajaran berbentuk podcast.  Podcast dikembangkan untuk mengajak mahasiswa berfikir analitik dan evaluatik. Hasil penelitian dinyatakan bahwa produk podcast yang dihasilkan valid dan praktis untuk dipakai dalam pembelajaran Mata Kuliah Hukum Perburuhan.

     

    ABSTRACT

    This study aims to develop learning media in the form of podcasts to strengthen conceptual understanding. The research subjects were third semester PPKn students who took the Labor Law course in the odd semester of 2022-2023. The research method uses the research and development method which refers to R & D with steps; 1) preliminary study, 2) product development and 3) product test. The first stage was a needs analysis which stated that students liked learning using videos, especially in the form of podcasts. So to maximize the learning of labor law, it is necessary to develop learning media in the form of podcasts. The podcast was developed to invite students to think analytically and evaluatively. The results of the study stated that the resulting podcast product was valid and practical to use in learning Labor Law courses.


    Keywords


    Podcast, Perguruan Tinggi, Media, Pembelajaran

    Full Text:

    PDF

    References


    Biassari, I., Putri, K, E., & Kholifah, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(5).

    Brame, C. J. (2016). Effective educational videos: Principles and guidelines for maximizing student learning from video content. CBE Life Sciences Education, 15(4), es6.1-es6.6. https://doi.org/10.1187/cbe.16-03-0125

    Cut Medika, Z. (2020). Tren diseminasi konten audio on demand melalui podcast: sebuah peluang dan tantangan di Indonesia. Jurnal Pekommas, 5(2), 117-132.

    Fatihah, H. (2018). Penerapan Penggunaan Multimedia dan Diskusi Online pada Pembelajaran Elearning Mata Kuliah Telaah Kurikulum SMP dan SMA di Program Studi PPKn. Journal of Moral and Civic Education, 2, 1.

    Hasan, M., & Hoon, T. B. (2013). Podcast applications in language learning: A review of recent studies. English language teaching, 6(2), 128-135.

    Hutabarat, P. M. (2020). Pengembangan Podcast sebagai Media Suplemen Pembelajaran Berbasis Digital pada Perguruan Tinggi. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2).

    Gall, M. D., & Borg, W. R. (1989). Educational research. A guide for preparing a thesis or dissertation proposal in education. Longman, Inc., Order Dept., 95 Church Street, White Plains, NY 10601 Stock No. 78164-6.

    Kemdikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. In Www.Kemdikbud.Go.Id (Issue 022651).

    Kusbianto, K. (2022). Buku Hukum Perburuhan.

    Muhtar, T., & Dallyono, R. (2020). Character Education From the Perspectives of Elementary School Physical Education Teachers. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(2), 395–408. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30647

    Riyanto, G. P. (2021). Pengguna Tiktok dan Youtube. Kompas.Com.

    Saputro, B. (2017). Manajemen penelitian pengembangan (research & development) bagi penyusun tesis dan disertasi. Aswaja Presindo.

    Simanjuntak, M. D. R. (2019). Membangun Ketrampilan 4 C Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 921–929.

    Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. Deepublish.

    Zuraikat, L. (2020). the Podcast. Radio's Second Century: Past, Present, and Future Perspectives, 39.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.20441

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Husnul Fatihah

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.