• https://theoejwilson.com/
  • santuy4d
  • mariatogel
  • santuy4d
  • garuda slot
  • garudaslot
  • https://edujournals.net/
  • nadimtogel
  • https://mitrasehatjurnal.com/
  • slot gacor hari ini
  • g200m
  • https://perpustakaan.stpreinha.ac.id/mahasiswa/
  • https://www.lml.stpreinha.ac.id/lab/
  • https://cursosvirtuales.icip.edu.pe/nice/
  • slot resmi
  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP SIKAP DEMOKRASI | Akbar | Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan PKn

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP SIKAP DEMOKRASI

    Deni Saputra Akbar, Firman Firman, Tohap Pandapotan Simaremare

    Abstract


    ABSTRAK

    Sikap demokrasi merupakan suatu kepribadian yang bertindak sesui dengan nilai-nilai demokrasi seperti menjunjung tinggi sikap kesamaan derajat, menghargai pendapat, bekerjasama, menghargai perbedaan SARA, berprilaku adil, saling membantu dan berpartisipasi. Namun pada kenyataannya sikap demokrasi pada siswa masih sangat rendah hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 8 Muaro Jambi pada mata pelajaran PPKn terdapat sebuah permasalahan yaitu rendahnya sikap demokrasi yang dimiliki oleh siswa masih sangat rendah.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap sikap demokrasi dalam mata pelajaran PPKn. Penggunaan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dalam pembelajaran PPKn bertujuan untuk meningkatkan sikap demokrasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksperimen pretest postes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji t  pretest dan posttest untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap sikap demokrasi siswa. Hasil analisis data pada uji independent simple t test diketahui bahwasannya nilai sig (2tailed) adalah 0,00 atau lebih kecil dari 0,05 (0,00<0,05). Ho ditolak dan Ha diterimaSehigga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap sikap demokrasi dalam mata pelajaran PPKn pada siswa kelas X IPS di SMA Negeri 8 Muaro Jambi.

     

    ABSTRACT

    The attitude of democracy is a personality that acts in accordance with democratic values such as upholding the attitude of equality, respecting opinions, working together, respecting SARA differences, behaving fairly, helping each other and participating. However, in reality the democratic attitude of students is still very low, this is evidenced by the results of initial observations conducted at SMA Negeri 8 Muaro Jambi in Civics subjects, there is a problem, namely the low level of democratic attitudes possessed by students is still very low. The purpose of this study is to determine the effect of the VCT (Value Clarification Technique) learning model on democratic attitudes in Civics subjects. The use of the VCT (Value Clarification Technique) learning model in Civics learning aims to improve students' democratic attitudes. This study uses a quantitative method with the type of pretest posttest experiment. Data analysis techniques in this study were pretest and posttest t tests to determine the effect of the VCT (Value Clarification Technique) learning model on students' democratic attitudes. The results of data analysis on the independent simple t test show that the sig (2 tailed) value is 0.00 or less than 0.05 (0.00 <0.05). Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is a significant difference in the influence of the use of the VCT (Value Clarification Technique) learning model on democratic attitudes in Civics subjects in class X IPS students at SMA Negeri 8 Muaro Jambi.

    Keywords


    Democratic Attitude, VCT, PPKn, Learning Model

    Full Text:

    PDF

    References


    Astawa, I. Wayan Wira, Made Putra, and I. .. Gede Surya Abadi. 2020. “Pembelajaran PPKn Dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa.” Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran 3(2):199. doi: 10.23887/jp2.v3i2.25677.

    Dachmiati, Sabrina. 2015. “Program Bimbingan Kelompok Untuk Mengembangkan Sikap Dan Kebiasaan Belajar Siswa.” Faktor Jurnal Ilmu Kependidikan II(1):10–21.

    Dewi Permatasari. 2017. “PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS III SD NEGERI GEDONGKIWO TUGAS.” 1–166.

    Koyimah, Husnul, Lailatul Hidayah, and Miftakhul Huda. 2018. “Pembentukan Perilaku Dan Pola Pendidikan Karakter Dalam Cerpen Rumpelstiltskin Karya Saviour Pirrotta Dan Enam Serdadu Karya Brothers Grimm.” Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia 293:293–306.

    Martoni, Martoni, Andrizal Andrizal, and Helbi Akbar. 2019. “Penerapan Teknik Mengklarifikasi Nilai (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkanpemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5(2):93–101. doi: 10.18860/jpai.v5i2.5862.

    Maulia, Siti Tiara. 2011. “Pemahaman Konsep Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa.” SEMINAR NASIONAL : Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Di Era Reformasi 46–55.

    Nurgiansah, T. Heru, Hendri Hendri, and Cep Miftah Khoerudin. 2021. “Role Playing Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.” Jurnal Kewarganegaraan 18(1):56. doi: 10.24114/jk.v18i1.22597.

    Octavia, Erna, and Fety Novianty. 2015. “Implementasi Sikap Demokrasi Dalam Proses.” SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial 2(2):173–82.

    Rodiyana, Roni. 2019. “Penerapan Metode Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 5(1):8–18. doi: 10.31949/jcp.v5i1.1140.

    Simaremare, Tohap Pandapotan. 2022. “Penguatan Karakter Religius Melalui Program Kebaktian Di Sekolah Menengah Pertama Kristen Badan Pendidikan Kristen (Smpk Bpk) Penabur Cimahi.” Satya Widya 38(1):1–11. doi: 10.24246/j.sw.2022.v38.i1.p1-11.

    Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. 2017th ed. BANDUNG: 2017.

    Sutarjo Adisusilo, J. .. 2013. PEMBELAJARAN NILAI-KARAKTER KONTRUKTIVISME DAN VCT SEBAGAI INOVASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AFEKTIF. 2013th ed. edited by J. . SUTARJO ADISUSILO. YOGYAKARTA: 2013.

    Tukiran Taniredja. 2017. MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF Dan EFEKTIF. 2017th ed. BANDUNG: 2017.

    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.” 4(1):147–73.

    Wijaya, Rini, Febry Fahreza, and Agus Kistian. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Mengembangkan Karakter Toleransi Dan Demokrasi Siswa Pada Pembelajaran PKn Kelas V Di SD Negeri Paya Peunaga.” Bina Gogik 6(2):49–60.

    Yudia Fauzi, Fadil, Ismail Arianto, and Etin Solihatin. 2013. “Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Ppkn Unj Online 1:1–15.




    DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.20510

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Copyright (c) 2023 Deni Akbar

    Creative Commons License
    This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    PUBLISHED BY:

    Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

    Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

    email: jbti@unsri.ac.id

     

    ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


    INDEXED BY:

        

    JBTI Member of :


    View My Stats

     

    Creative Commons License
    The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.