MODEL PEMBELAJARAN LITERASI PADA MATAKULIAH PPKn SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MAHASISWA

Bambang Trisno, Syawaluddin Syawaluddin, Lainah Lainah, Muspardi Muspardi

Abstract


ABSTRAK

Masih lemahnya karakter gemar membaca mahasiswa di perguruan tinggi, hal ini ditunjukkan dengan minimnya referensi mahasiswa dalam perkuliahan, sedikit sekali yang meminjam buku di perpustakaan dan mahasiswa lebih memilih bermain media sosial daripada membaca ebook atau artikel. Padahal, Pendidikan tidak hanya berfungsi sebagai pengembangan pengetahuan, pendidikan mestinya juga meningkatkan budi pekerti (karakter), salah satunya karakter gemar membaca.  Untuk itu dalam penelitian ini ditawarkan model pembelajaran literasi untuk penguatan karakter gemar membaca mahasiswa. Dilihat dari hasil hipotesis angka probabilitas Asmyp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.001 atau probabilitas di bawah alpha (0.000 < 0.05), dengan perbedaan rerata skor pretest dan posttest sebesar 8.611, H1 diterima dan H0 ditolak yang berarti terdapat peningkatan karakter gemar membaca mahasiswa UIN Bukittinggi setelah diberikan model pembelajaran literasi.

 

ABSTRACT

The weak character of reading for students in tertiary institutions, this is indicated by the lack of student references in lectures, very few borrow books from the library and students prefer to use social media instead of reading ebooks or articles. In fact, education does not only function as the development of knowledge, education should also improve character (character), one of which is the character of liking to read. For this reason, this research offers a literacy learning model to strengthen students' fond of reading character. Judging from the results of the hypothesis probability number Asmyp. Sig. (2-tailed) of 0.001 or probability below alpha (0.000 <0.05), with a difference in the mean pretest and posttest scores of 8.611, H1 is accepted and H0 is rejected which means there is an increase in the reading character of UIN Bukittinggi students after being given a literacy learning model.


Keywords


Model Pembelajaran, Literasi, Karakter, Gemar Membaca

Full Text:

PDF

References


Aji, P. C. (2018). Peran PKN Dalam Membentuk Karakter Kewarganegaraan Melalui Pendekatan Berbasis Nilai Di Perguruan Tinggi. 1–9. https://ppkn.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2018/08/Purnomo-Aji.-Universitas-Sebelas-Maret..pdf

Ambarwati, A. (2017). Penguatan Karakter Gemar Membaca Melalui Cerpen Humor Untuk Anak Sekolah Dasar. Konferensi Nasional , 1(1), 1–3.

Ananda, A., & Trisno, B. (2019). Menelusuri Pancasila. Samudera Biru.

Ananda, A., & Trisno, B. (2020). Literation Improvement of Indonesia’s Citizens in the Era of Industrial Revolution 4.0: A Conceptual Analysis on Civic Education. 418(Acec 2019), 38–43. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200320.008

Benaziria, B. (2018). Pengembangkan Literasi Digital pada Warga Negara Muda dalam Pembelajaran PPKn melalui Model VCT. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 11. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8331

CAMPBELL, G. T., & STANLEY, J. C. (1963). Experimental And Quasi Experimental Design For Research. In Contemporary Psychology: A Journal of Reviews (Vol. 29, Issue 4). Boston: Houghton Mifflin Company. https://doi.org/10.1037/022808

Coakes, S. J., Steed, L., & Ong, C. (2010). SPSS Version 17.0 For Windows. Jhon Wiley & Sons Australia, Ltd.

Djahir, Y. (2019). Suplemen Buku Ajar Pendidikan Pancasila. Deepublish.

Fadhilah, M. N. (2021). Peran Literasi Digital Dalam Model Pembelajaran Blended Learning Mahasiswa Pgmi. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4456

Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., Putri, W. D., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Rendahnya minat baca anak sekolah dasar. 3(1).

Hermawan, I. C., & Hasanah, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUNDA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PPKn DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 8(2), 116–128. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i2.15746

Kaelan. (2014). Pendidikan Pancasila. Pradigma.

Kurniawan, M. W., & Kusumawardhana, A. S. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 7–16. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10862

Lestari, N. M. (2019). Pengaruh Tingkat Literasi Mahasiswa Perbankan Syahriah Terhadap Inklusi Keuangan Produk Perbankan Syahriah Dalam Transaksi E_Commerce | Jurnal Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Islam Fakultas Agama Islam UHAMKA, 10(2), 208–226.

Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 123. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.35229

Mustofa, Z., & Setiyowati, R. (2021). Pembentukan Karakter Pada Siswa Di Sekolah Berasrama Dalam Menghadapi Masalah Sosial. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 8(1), 57–65. https://doi.org/10.36706/jbti.v8i1.12479

Oktarina, A. (2018). Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di SD N Golo Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 30 Tahun Ke-7 2018, 30(7), 2.941-2.951. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/viewFile/13513/13060

Priasti, S. N., & Suyatno, S. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 395. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3211

Rianda, R., Mashudi, & Ulfah, M. (2018). Pengaruh Faktor Internal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal UNTAN. Ac.Id, 8(April), 1–8.

Riset, D. J. P. D. kemahasiswaan K., & Tinggi, T. dan P. (2016). Buku Ajar Mata Kuliah Wajib Umum Pendidikan Pancasila. Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi,.

Rispawati, K., Fauzan, A., & Salam, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Mata. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 09(01), 1–12.

Ruslan & Wibayanti. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 767–775. www.perpusnas.go.id

Sefrita Zaher, E. (2019). LITERASI MEDIA MAHASISWA DI KOTA PEKANBARU 1 1,2 Sefrita. Studi, Program Komunikasi, Ilmu Media, Literasi, 1(4).

Wadu, L. B., Darma, I. P., & Ladamay, I. (2019). Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 66–70. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.3067

Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743




DOI: https://doi.org/10.36706/jbti.v10i1.20788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Bambang Trisno, Syawaluddin Syawaluddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

PUBLISHED BY:

Universitas Sriwijaya in Collaboration with AP3Kni (Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia/Indonesia Association Profession of Pancasila and Civic Education)

Jl. Palembang-Prabumulih, Km. 32 Indralaya, Kab. Ogan Ilir

email: jbti@unsri.ac.id

 

ISSN ONLINE: 2614-6134                       ISSN PRINT: 2355-7265


INDEXED BY:

    

JBTI Member of :


View My Stats

 

Creative Commons License
The Bhineka Tunggal Ika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.